• KANAL BERITA

Hari Buruh Bukan untuk Senang-senang

Foto: suaramerdeka.com/Setiady Dwi
Foto: suaramerdeka.com/Setiady Dwi

BANDUNG, suaramerdeka.com - Ketua DPD Federasi Serikat Pekerja Logam Elektronik Mesin Serikat Pekerja Seluruh Indonesia Jabar, M Sidarta menegaskan peringatan Hari Buruh bukan merupakan ajang senang-senang.

"Upah kita naik lambat sekali sementara harga-harga kebutuhan pokok melambung tinggi, belum lagi listrik, BBM, elpiji, dan pajak yang naik," katanya saat berorasi di depan Gedung Sate Bandung, Selasa (1/5).

Kondisi tersebut, diingatkan mantan karyawan PT DI itu, membuat kesejahteraan buruh tak terjaga. Mereka pun menuntut penurunan Tarif Dasar Listrik, BBM, Gas Elpiji dan Pajak.

Dalam kaitan itu, mereka juga menuntut pencabutan PP No 78/2015 Tentang Pengupahan yang dianggap pro upah murah dan mengeksploitasi tenaga buruh serta menimbulkan disparitas upah yang sangat tinggi antar kabupaten dan kota.

Dengan alasan itu pula, Sidarta mengaskan May Day ajang bersuka ria. Masih ada hal yang harus diperjuangkan buruh. Mereka tak boleh bersantai. "Jadi Hari Buruh bukan untuk bersenang-senang," katanya.


(Setiady Dwi/CN41/SM Network)