• KANAL BERITA

Tidak Ada Putaran Kedua dalam Pilkada

Ilustrasi: Okezone
Ilustrasi: Okezone

SAMPANG, suaramerdeka.com - Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Pengembangan SDM KPU Sampang, Miftahul Razak menegaskan, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 tidak ada putaran kedua.

Menurutnya putaran kedua hanya ada di Pemilihan Gubernur DKI Jakarta yang memiliki aturan khusus sebagai ibu kota Negara Kekhususannya terletak pada keterpilihan gubernur dan wakil gubernur yang harus mencapai lebih dari 50 persen suara.

“Untuk Pemilukada saat ini tidak ada putaran kedua sesuai dengam PKPU no 9 tahun 2017 tidak ada. Karena regulasi di Undang undang 10 tahun 2016 menegaskan tidak ada putaran kedua, kecuali mungkin di pilkada Provinsi DKI Jakarta, karena perlakuannya khusus, sesuai dengan undang undang yang berlaku disana,” ungkapnya seperti dikutip RRI, Selasa (1/5).

Ia menambahkan, nantinya dalam pilkada serentak, siapapun para calon yang mempunyai suara terbanyak maka dialah pemenangnya. Ketetapan tersebut sudah diatur dalam Undang–undang KPU no. 10 tahun 2016 bahwa Pilkada Serentak tidak ada putaran kedua. 

“Tidak ada target jumlah suara, siapapun yang memperoleh suara terbanyak, maka dialah pemenangnya,” pungkasnya.


(RRI/CN41/SM Network)