• KANAL BERITA

Wukirsari Wakili Sleman Maju Lomba Desa

Foto: istimewa
Foto: istimewa

SLEMAN, suaramerdeka.com  - Tim Pemerintah DIY mengunjungi Desa Wukirsari, Cangkringan, Sleman, Senin (30/4), untuk melakukan evaluasi dalam rangka perlombaan desa dan kelurahan tingkat provinsi tahun 2018.

Pada kunjungan ini, tim evaluasi perkembangan desa menilai aspek admistrasi desa dan padukuhan dilanjutkan peninjauan lapangan.

Selain itu, tim melakukan penilaian terkait inovasi dan produk unggulan di lingkungan Desa Wukirsari. Menurut Ketua Tim Evaluasi Pemerintah DIY Jarot Budiharjo, pelaksanaan perlombaan ini harus diselaraskan dengan prinsip otonomi daerah. Model yang diterapkan adalah pendekatan dengan melibatkan masyarakat disesuaikan kondisi yang ada.

"Lomba ini bertujuan menciptakan kekuatan swadaya dan gotong royong masyarakat sehingga secara bertahap mampu memberikan kontribusi di lingkungan sekitarnya," kata Jarot saat membacakan sambutan Gubernur.

Masyarakat juga dituntut lebih siap membangun diri menuju tatanan yang mandiri. Pencanangan lomba ini bukan sekedar menjadi rutinitas dan seremonial belaka, namun harus mampu membangun etos kerja warga.

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun memandang, evaluasi ini sebagai salah satu strategi untuk mengoptimalkan pelaksanaan pemerintahan, dan pembangunan desa. "Ini adalah momen yang tepat untuk mengajak masyarakat berpartisipasi membangun desanya,” katanya.

Dia meminta agar kegiatan yang diselenggarakan di desa tidak hanya sebatas saat pelaksanaan lomba, tetapi terus berlanjut secara berkesinambungan.


(Amelia Hapsari/CN33/SM Network)