• KANAL BERITA

Tiga Hari, KA Bandara Minangkabau Digratiskan

Foto: Kompas
Foto: Kompas

BANDUNG, suaramerdeka.com - PT KAI menggratiskan perjalanan KA Bandara Internasional Minangkabau, Sumbar yang mulai beroperasi Selasa (1/5) selama tiga hari. Langkah itu sebagai strategi perkenalan fasilitas tersebut.

KA yang dinamakan Minangkabau Ekspres itu melayani  relasi Stasiun Padang-Stasiun Bandara Internasional Minangkabau sejauh 23 kilometer.

Menurut Jubir PT KAI Pusat, Agus Komaruddin, masyarakat yang ingin menggunakan KA Minangkabau Ekspres dapat mengakses di empat stasiun pemberhentian, yakni Stasiun Padang, Tabing, Duku, dan Stasiun BIM

Setiap harinya, operator plat merah itu menggelar 10 perjalanan. "Pengangkutan percuma hingga 3 Mei ini selain mengenalkan juga untuk menarik minat masyarakat," katanya dalam keterangannya.

Dijelaskan, satu trainset KA Minangkabau Ekspres dengan jenis railbus ini terdiri dari empat kereta dengan kapasitas 393 orang penumpang duduk dan berdiri. Lama perjalanan Padang-BIM yakni 40 menit.

Fasilitas dalam KA yakni pendingin udara, TV, dan stop kontak, rak atau keranjang untuk bagasi penumpang. KA ini juga mengakomodir penumpang berkebutuhan khusus dengan disediakannya area untuk penumpang berkursi roda di kereta.

Pasca penggratisan, PT KAI akan mulai menerapkan tarif resmi sebesar Rp 5.000,- untuk relasi Padang-Tabing, Padang-Duku, dan Tabing-Duku dan Rp10.000,- untuk relasi Padang-BIM, Tabing-BIM, dan Duku-BIM.

"Dengan mulai dioperasikannya KA bandara ini, kami harap dapat menjadi alternatif moda transportasi bagi warga Padang dan sekitarnya yang bebas macet dan lebih tepat waktu dari moda transportasi lainnya," katanya.


(Setiady Dwi/CN33/SM Network)