• KANAL BERITA

Kandidat Caleg Partai Garuda Terisi di 33 Daerah Jateng

Pengurus dan kader DPD Partai Garuda berfoto bersama usai syukuran menempati kantor baru di Jl Dinar Asri Raya Nomor 10-11 Tembalang, Semarang. (suaramerdeka.com/ Royce Wijaya)
Pengurus dan kader DPD Partai Garuda berfoto bersama usai syukuran menempati kantor baru di Jl Dinar Asri Raya Nomor 10-11 Tembalang, Semarang. (suaramerdeka.com/ Royce Wijaya)

SEMARANG, suaramerdeka.com - DPD Partai Garuda Jateng bersiap menatap Pemilu 2019. Meski terkesan sunyi senyap dan tidak gembar-gembor, namun partai nomor urut enam itu ternyata banyak diminati tokoh atau masyarakat Jateng, termasuk mantan anggota Dewan di daerah-daerah yang turut bergabung didalamnya.

Ketua DPD Partai Garuda Jateng Rahayu Senjayawati menegaskan, sebanyak 33 kabupaten/ kota di Jateng telah terisi kandidat calon anggota legislatif (caleg) partainya.

''Kami selama ini memang tidak gembar-gembor, apalagi peraturan KPU juga menegaskan tidak boleh memasang segala bentuk atribut. Sebagai partai baru, meski terkesan sunyi senyap, tapi kami rutin menjalin komunikasi tokoh masyarakat maupun pemuka agama,'' tandas Rahayu di kantor DPD Partai Garuda di Jl Dinar Asri Raya Nomor 10-11 Tembalang Semarang, Selasa (1/5).

Dalam penjaringan caleg, Partai Garuda tidak hanya menjalin komunikasi dari tingkat bawah, melainkan juga melalui laman atau website.

Menurut dia, masyarakat yang berminat bisa saja mendaftar, semuanya terbuka untuk umum. Penjaringan caleg juga dilakukan melalui media sosial seperti halnya twitter. Dari 35 kabupaten/ kota di Jateng, terkecuali Kabupaten Purworejo dan Jepara, para kandidat caleg sudah mengisi dan siap mendukung partainya. Untuk Purworejo dan Jepara, dua daerah itu masih menunggu kesiapan DPC yang membentuk ranting-ranting partainya.

Mengenai kandidat caleg, pihaknya menyebutkan, ada mantan anggota DPR RI atau eks Dewan di DPRD provinsi dan DPRD Kabupaten/ Kota yang tertarik untuk bergabung partainya. ''Siapa saja mereka, kami masih merahasiakannya. Waktunya belum tepat untuk dipublikasikan,'' jelasnya.

Namun, sebagian besar yang bergabung adalah pemuda pemudi generasi penerus bangsa. Disinggung soal target Pemilu 2019, Rahayu menegaskan, sebagai partai baru tak muluk-muluk, tapi minimalnya calegnya bisa mengisi kursi DPRD di tiap kabupaten/ kota di Jateng.

Wakil Ketua DPD Partai Garuda Jateng Bambang Setiawan mengatakan, partainya akan segera melakukan rapat koordinasi daerah (rakorda) pada pertengahan Mei mendatang, guna kesiapan menghadapi Pemilu 2019. Partai Garuda ini dipimpin ketua umumnya Ahmad Ridha Sabana dengan sekretaris jenderalnya, Abdullah Mansyuri.


(Royce Wijaya/CN33/SM Network)