• KANAL BERITA

Rekrutmen Calon ASN Klaten Tunggu Pusat

KOMPLEKS PEMKAB: Sejumlah ASN melintas di depan kompleks gedung B Pemkab Klaten di Jl Pemuda Selatan, Senin (30/4). (Foto suaramerdeka.com/Achmad Hussain)
KOMPLEKS PEMKAB: Sejumlah ASN melintas di depan kompleks gedung B Pemkab Klaten di Jl Pemuda Selatan, Senin (30/4). (Foto suaramerdeka.com/Achmad Hussain)

KLATEN, suaramerdeka.com - Rekrutmen formasi calon aparatur sipil negara (CASN) Pemkab Klaten tahun 2018 belum jelas. Formasi tergantung pemerintah pusat.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Pemkab Klaten, Surti Hartini mengatakan kebutuhan formasi untuk CASN tahun ini belum bisa dipastikan. 

''Pemkab masih menyusun Anjab dan ABK yang akan diselesaikan hari Kamis pekan ini,'' jelasnya, Senin (30/4). 

Dikatakannya, pekan lalu BKPPD sudah berkoordinasi ke kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) di Jakarta. Salah satu hasilnya, pemerintah pusat menanyakan soal kesiapan formasi yang dibutuhkan Kabupaten Klaten. 

Namun Pemkab belum bisa menjawab sebab kebutuhan ASN harus didasarkan pada analisa jabatan (Anjab) dan analisa beban kerja ( ABK) yang disusun detail. Pemkab tidak berani mengusulkan formasi serampangan tanpa didahului proses Anjab dan ABK.

Kewenangan Pusat

Untuk keperluan itu, kata Surti,  Pemkab akan melakukan percepatan dan hari Kamis pekan ini diharapkan sudah selesai. Nantinya hasil Anjab dan ABK akan diserahkan ke Jakarta. Soal berapa formasi yang nanti akan disetujui, sepenuhnya menjadi kewenangan pemerintah pusat yaitu Kemenpan dan BR bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN). 

Bisa jadi yang diusulkan Pemkab tidak akan semua disetujui atau sebaliknya. Di Kabupaten Klaten, angka pensiun ASN per tahun antara 700-800 orang. Setelah ada penghentian pengadaan (moratorium) ASN selama empat tahun terakhir, jumlah ASN di Pemkab Klaten hanya sisa 10.500 orang.


(Achmad Hussain/CN33/SM Network)