• KANAL BERITA

Sleman Terbitkan Instruksi Bebas Iklan Rokok

Ilustrasi Istimewa
Ilustrasi Istimewa

SLEMAN, suaramerdeka.com - Bupati Sleman telah menetapan aturan mengenai bebas iklan rokok pada kawasan tanpa rokok (KTR). Ketentuan itu dituangkan dalam Instruksi Nomer 440/001 yang diterbitkan pada 16 April 2018.

Instruksi ini berisi larangan memasang iklan produk rokok di radius 500 meter dari KTR. Kepala Dinas P3AP2KB Sleman Mafilindati Nuraini menyambut baik diterbitkannya instruksi tersebut yang dinilai akan mampu mendukung terwujudnya Sleman sebagai kabupaten layak anak. Terlebih saat ini masih banyak iklan rokok tersebar di berbagai tempat.

"Adanya intruksi tersebut akan berdampak positif terhadap perkembangan anak, khususnya dalam hal kesehatan mereka," kata Linda kepada wartawan, kemarin.

Kawasan tanpa rokok yang dimaksud mencakup tempat-tempat umum seperti fasilitas pendidikan, layanan kesehatan, sarana ibadah, angkutan umum, dan tempat kerja. Pada radius 500 meter dari tempat tersebut, Linda menegaskan tidak diizinkan pemasangan iklan rokok. "Instruksi ini harus kita patuhi, dan tegakkan bersama-sama,” ujarnya.

Implementasi aturan itu masih dalam tahap sosialisasi. Meski soal sanksi belum tertuang secara spesifik, pihaknya akan berkoordinasi dengan Satpol PP terkait upaya penindakan. 

Menyusul penetapan Instruksi Bupati Nomer 440/001, Linda berharap keberadaan iklan rokok dapat lebih diterbitkan. Mengingat, instruksi itu merupakan optimalisasi dari Peraturan Bupati Sleman Nomor 42 Tahun 2012 tentang KTR di lingkungan dan wilayah kerja masing-masing.

Disamping itu, dia juga mengimbau kepada para perokok untuk merokok ditempat yang telah ditentukan, atau menghindari tempat yang ditetapkan sebagai KTR. "Kami tidak melarang merokok, silakan saja. Tapi merokoklah pada tempat yang sudah ditentukan,” tegas Linda.


(Amelia Hapsari/CN19/SM Network)