• KANAL BERITA

175 Pemilih Pemula Ikuti Pendidikan Politik

CERAMAH: Bupati Batang saat memberikan ceramah di depan pemilih pemula. (suaramerdeka.com / Kasirin Umar)
CERAMAH: Bupati Batang saat memberikan ceramah di depan pemilih pemula. (suaramerdeka.com / Kasirin Umar)

BATANG, suaramerdeka.com – Pemerintah Kabupaten Batang melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar Sosialisasi Pendidikan Politik bagi pemilih pemula, di Gedung Pramuka setempat, diikuti 175 pelajar SMA dan SMK se Kabupaten Batang, Senin (30/4).

Bupati Batang Wihaji usai membuka kegiatan tersebut mengharapkan agar para pelajar, sebagai pemilih pemula setelah mengikuti acara sosialisasi hendaknya bisa menjadi pemilih yang cerdas dalam menentukan masa depan negara termasuk Kabupaten Batang.

"Kami berharap agar pemilih pemula dalam menyalurkan hak pilihnya dalam pemilihan Presiden-Wakil Presiden, Gubernur, pemilihan anggota DPR baik di tingkat pusat dan daerah termasuk pemilihan Bupati maupun Walikota agar menentukan pilihannya dengan cerdas, karena menentukan masa depan bangsa,” ujar Wihaji.

Bupati menilai pemahaman para pelajar yang mengikuti sosialisasi di bidang politik dan demokrasi sudah cukup baik, yang perlu diberikan adalah pemahaman tentang negara besar itu seperti apa, dan bagaimana (caranya) supaya negara itu maju.

Dalam kesempatan itu Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Batang, Agung Wisnu Barata menambahkan, dalam sosialisasi pendidikan politik bagi pemilih pemula adalah sebagai sarana pembelajaran agar mengetahui etika dan moral politik.

"Sebagai pemilih pemula harus mengetahui etika, dan moral politik. Selain itu juga sebagai sarana untuk memberikan kesadaran hak dan kewajiban sebagai warga negara yang berpartisipasi aktif dalam kehidupan demokrasi, berbangsa dan bernegara,"ujar Agung Wisnu Barata.

Ia berharap setelah menyerap materi sosialiasi, para pelajar bisa menyampaikan pengetahuannya kepada pemilih pemula lainnya sehingga dapat menyalurkan hak pilihnya dengan cerdas sesuai hati nurani.


(Kasirin Umar/CN26/SM Network)