• KANAL BERITA

Petani di Banyumas Diimbau Tanam Kedelai di Musim Kering

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

PURWOKERTO, suaramerdeka.com - Pakar pertanian Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Prof Suwarto mengatakan bahwa para Petani di Banyumas, Jawa Tengah, perlu memanfaatkan musim kemarau dengan menanam kedelai.

"Saat musim hujan, sangat sulit untuk meningkatkan produktivitas kedelai, karena itu musim kering harus dimanfaatkan untuk produksi kedelai," katanya di Purwokerto, Senin (30/4).

Petani jua diingatkan untuk mempersiapkan sumber benih kedelai unggul yang bermutu. Cara tersebut, kata dia, dapat digunakan untuk menyukseskan program pemerintah dalam meningkatkan produksi padi, jagung, dan kedelai guna menyukseskan swasembada pangan berkelanjutan.

Menurut dia, langkah tersebut dapat berdampak pada meningkatnya kesejahteraan para petani. Selain itu, dia juga mengingatkan kepada pemerintah daerah agar terus memberikan pendampingan secara teratur ke petani.

Terlebih lagi, pada saat ini, pemerintah daerah tengah fokus dalam pengembangan tanaman kedelai. Contohnya, Pemerintah Kabupaten Purbalingga, yang berencana untuk mengembangkan tanaman kedelai di atas lahan seluas 10.000 hektare.

Bupati Purbalingga Tasdi mengatakan pihaknya menargetkan produksi sebanyak 15.000 ton kedelai pada tahun 2018. Pemkab Purbalingga optimistis bahwa produksi kedelai pada tahun 2018 akan mencapai target produksi sebanyak 15.000 ton.


(Ant/CN39/SM Network)