• KANAL BERITA

10 Kota di Indonesia akan Gelar Yoga Festival

Hari Yoga internasional ke-4

Perayaan Hari Yoga Internasional ke-4 di Kemenpar, dihadiri Anjasmara, Menpar Arief Yahya dan Dubes India untuk Indonesia H.E Pradeep K Rawat. (SM/dok)
Perayaan Hari Yoga Internasional ke-4 di Kemenpar, dihadiri Anjasmara, Menpar Arief Yahya dan Dubes India untuk Indonesia H.E Pradeep K Rawat. (SM/dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - India adalah salah satu negara yang kali pertama mengakui kemerdekaan Indonesia. India juga penyumbang wisatawan terbesar kelima di Indonesia, setelah China, Singapura, Malaysia, dan Australia.

Menimbang hal itulah, Kementrian Pariwisata mendukung gelaran untuk memperingati Hari Yoga internasional ke-4 yang akan dihelat di Indonesia.

Penyelenggaraan Yoga Festival akan berlangsung di 10 kota besar di Indonesia, sebagai rangkaian menyambut Hari Yoga Internasional ke-4 di Indonesia. Yang akan diperingati setiap tanggal 21 Juni.

 Sebagai tuan rumah Hari Yoga Internasional, menurut  Menteri Pariwisata Arief Yahya, mempunyai arti penting dalam meningkatkan hubungan antara Indonesia dengan India. Yang memiliki kesamaan mengembangkan budaya olah tubuh yoga.

"Pengaruh Yoga terhadap pariwisata bagus sekali. Tahun ini bisa mencapai 700 ribu wisatawan yang datang dari India ke Indonesia. Dan sebagian dari mereka demi untuk melakukan Yoga," kata Arief Yahya di Jakarta, Senin (30/4).

Dia menambahkan, diplomasi terbaik sebuah bangsa saat ini adalah diplomasi pariwisata. Dan Yoga bisa menjadi salah satu jembatannya.

Ditambahkan Duta Besar India untuk Indonesia,  H.E Pradeep K Rawat, tubuh manusia seperti mesin. Dan sebagaimana mesin, tubuh butuh perawatan dan umur penggunaannya terbatas. "Untuk perawatan itulah, dibutuhkan Yoga," ujar Pradeep.

Brand Ambassador Yoga Anjasmara mengatakan, banyak manfaat dari Yoga. Diantaranya dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang menjadi lebih baik. "Diantaranya mampu mengeliminasi tingkat stres saya, dan dapat menjadikan hidup saya menjadi lebih baik. Yang paling penting Yoga tidak milik agama tertentu," ujar Anjasmara yang dikenal sebagai aktor itu.

Dengan tema acara “Sepuluh Kota, Sepuluh Hari, Menyatukan Dua Puluh Ribu Pencinta Yoga ; Mempromosikan Kesehatan dan Kebahagiaan Melalui Yoga”, puncak perayaan event ini akan diseienggarakan di Candi Prambanan, Yogyakarta pada Minggu, 24 Juni 2018.

10 kota yang dipilih untuk merayakan hari Yoga di Indonesia adalah kota Malang, Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Bali,  Surabaya, dan Medan. Di beberapa kota, perayaan diadakan selama dua kali.

Lebih dari 10 ribu peserta diklaim akan mengikuti berbagai sesi Yoga diperagakan oleh para guru Yoga dari India. Yang telah dilatih secara profesional sesuai dengan  Standar Protokol Umum Yoga dari Hari Yoga Internasional.


(Benny Benke/CN34/SM Network)