• KANAL BERITA

Bentrokan di Kashmir Tewaskan Satu Warga Sipil, 14 Orang Terluka

foto: istimewa
foto: istimewa

KASHMIR, suaramerdeka.com - Konflik India dan Pakistan kembali terbuka, yang terbaru karena adanya bentrokan antara Pasukan Keamanan India dengan pengunjuk rasa yang menginginkan Kashmir lepas dari India.

Para pejabat mengatakan pasukan pemerintah menembak pemrotes di Kashmir yang dikuasai India, menewaskan seorang pria muda dan melukai sedikitnya 14 lainnya.

Polisi India mengatakan pasukan India menutup desa Drubgam, di bagian selatan, Senin (30/4) setelah ada laporan bahwa pemberontak sedang bersembunyi di sana.

Sementara pertempuran antara pasukan pemerintah dan pemberontak berkobar, penduduk anti-India berusaha mendatangi tempat itu untuk membantu para militan yang terjebak melarikan diri, yang menimbulkan bentrokan antara penduduk desa yang melemparkan batu dan pasukan pemerintah yang menembakkan peluru tajam dan gas air mata.

Polisi mengatakan pertempuran berlanjut dan sedikitnya dua orang tentara luka-luka.

India dan Pakistan masing-masing memerintah di sebagian Kashmir, tetapi keduanya mengklaim seluruh Kashmir. Pemberontak telah berjuang untuk membuat daerah Kashmir yang dikuasai India menjadi wilayah Pakistan atau negara merdeka.


(VOA/CN34/SM Network)