• KANAL BERITA

Presiden Jokowi Sambut Kunjungan Grand Sheikh Al-Azhar di Istana Merdeka

foto: istimewa
foto: istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Grand Sheikh Al-Azhar, Ahmad Muhammad Ath-Thayeb yang datang khusus dari Kairo Mesir. Grand Sheikh Al-Azhar ini tiba di Istana Merdeka, Senin (30/4) sekitar pukul 15.00 WIB.

Tampak ikut mendampingi Presiden, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerja Sama Antaragama dan Peradaban (UKP-DKAAP), Din Syamsuddin dan Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi.

Usai berfoto bersama, Jokowi dan Grand Sheikh Al-Azhar berbincang di teras Istana. Menurut rencana Grand Sheikh Al-Azhar berada di Indonesia hingga Rabu 2 Mei 2018. Grand Sheikh dijadwalkan berkunjung ke sejumlah daerah seperti Bogor, Solo, dan Ngawi, Jawa Timur.

Kunjungan Grand Sheikh Al-Azhar ke Indonesia kali ini merupakan undangan langsung Presiden Jokowi untuk menghadiri KTT Ulama dan Tokoh Intelektual Muslim Dunia atau High Level Consultation (HLC) of World Muslim Scholars on Wasatiyat Islam. Gelaran ini akan berlangsung 1-3 Mei 2018 di Bogor, Jawa Barat yang akan dihadiri 50 ulama dunia.

Menag Lukman Hakim usai mendampingi Presiden Jokowi mengatakan kunjungan Grand Sheikh Al-Azhar sangat penting, karena Al Azhar secara keseluruhan selalu mengusung Islam Wasatiyah sebagaimana yang dilakukan Indonesia.

"Oleh karenanya bebagai macam problem dunia dan tatanganannya seperti radikalisme, ektrimisme dan terorisme itu hanya bisa diatasi dengan bagaimana kita mampu menerapkan nilai-nilai Islam wasatiyah. Lewat KTT yang dihadiri ulama Islam terkemuka di dunia inilah kita akan meneguhkan komitmen bersama untuk menyebarkan nilai Islam Wasatiyah," kata Menag Lukman.


(Red/CN34/SM Network)