• KANAL BERITA

Wisata Ternak Sapi Hadir di Sawangan Magelang

Wisata ternak sapi ada di Dusun Sobowono, Desa Podosoko, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. (suaramerdeka.com/Eko Priyono)
Wisata ternak sapi ada di Dusun Sobowono, Desa Podosoko, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. (suaramerdeka.com/Eko Priyono)

MAGELANG, suaramerdeka.com - Wisata edukasi hadir di  Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Edu Wisata Ternak Sapi Sobowono itu sebagai alternatif kunjungan wisatawan di daerah itu.

Berlokasi di Dusun Sobowono, Desa Podosoko, Kecamatan Sawangan. Wisata itu memiliki dua kandang besar berisikan 50 ekor sapi. Letaknya di dusun dengan suasana asri dan alami.

Di lokasi itu pengunjung bisa berwisata sambil belajar tentang sapi atau perawatan sapi. Beberapa paket ditawarkan, seperti memberi pakan sapi, membuat pakan tambahan, memandikan sapi, pembuatan pupuk kompos, menanam bibit, menangkap ikan, out bound dan ada fasilitas lainnya.

Lokasi edu wisata tersebut dikelola Kelompok Ternak Wono Makmur. Mereka merupakan warga setempat yang menjadi perternak sapi. Saat ini mendapat pendampingan dari mahasiswa Undip, Semarang.

Jenis sapinya ada Si Mentol PO dan Limusin PO. "Sebenarnya kandang ternak ini sudah ada sejak tahun 2016 lalu, berdiri di tanah warga yang kami kontrak. Namun untuk edu wisatanya sudah sejak awal tahun 2019," ungkap Lestatun ketua kelompok ternak.

Disebutkan, bagi pengunjung yang akan menikmati paket edu wisata tersebut akan dikenakan biaya Rp 21.500 per orang. Itu untuk rombongan dan mengambil paket edu wisata. "Jika rombongan juga ada penyambutan kesenian, souvenir tanaman, dan mendapatkan snack," paparnya.

Pesan Dahulu

Sementara untuk pengunjung harian akan dikenakan biaya Rp 5 ribu hingga Rp 10 ribu untuk masuk. "Pengunjung yang hendak ke sini harus dengan sistem boking atau pesan terlebih dahulu. Dengan harapan persiapan yang kami lakukan bisa maksimal. Bisa menghubungi saya di nomor 0813-2850-6023," paparnya.

Lestatun menyebutkan, untuk kendala saat ini adalah soal pendanaan. Masih banyak sarana fasilitas yang harus  dilengkapi. Objek wisata itu sudah masuk ke Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Podosoko. Diharapkan ada program pengembangan lokasi itu.

"Saya berharap dari BUMDes segera menganggarkan untuk pengembangan lokasi ini agar lebih maju, sehingga ke depan pemasaran kami juga bisa lebih baik lagi," harapnya.

Sementara Kepala Desa Podosoko, Tuban Subagyo, menambahkan bahwa lokasi edu wisata ternak sapi Sobowono itu saat ini sudah masuk ke salah satu unit yang dinaungi oleh BUMDes. Dari desa sudah ada rencana menganggarkan. Tentang berapa jumlahnya akan dibagi dengan unit lainnya.

Itu karena lokasi edu wisata tersebut di tanah kontrak. Kalau dana digelontorkan ke situ semua, setelah kontraknya habis belum tahu bagaimana solusinya. "Namun itu ke depan akan kami carikan solusinya," tegasnya.’

Dia berharap dengan adanya ternak sapi itu yang menjadi edu wisata bisa menambah kesejahteraan masyarakat.


(Eko Priyono/CN19/SM Network)