• KANAL BERITA

Progres Sedang, Pemkot Minta Proyek Pasar Klewer Dipercepat

REVITALISASI KLEWER: Truk pencampur semen dioperasikan pekerja di lokasi revitalisasi Pasar Klewer sisi timur. (suaramerdeka.com/Agustinus Ariawan)
REVITALISASI KLEWER: Truk pencampur semen dioperasikan pekerja di lokasi revitalisasi Pasar Klewer sisi timur. (suaramerdeka.com/Agustinus Ariawan)

SOLO, suaramerdeka.com - Pemkot Surakarta meminta pelaksana revitalisasi Pasar Klewer sisi timur untuk mempercepat pelaksanaan proyek, lantaran progres saat ini berjalan sedang. Percepatan itu diharapkan bisa mengantisipasi keterlambatan pekerjaan pada akhir masa kontrak.

"Kami melihat progress-nya sedang, jadi tidak melampaui target atau terlambat. Hanya saja semestinya pelaksana menabung pekerjaan, agar tidak terburu-buru pada akhir masa kontrak. Dengan demikian, saat ada kendala-kendala, mereka punya waktu sisa merampungkannya," kata Kepala Dinas Perdagangan Heru Sunardi, Jumat (14/2).

Berdasarkan catatan kontraktor, proyek revitalisasi yang dimulai 18 Desember 2019 itu baru menyelesaikan 13 persen dari target pekerjaan per 13 Februari. Heru menilai, musim hujan yang belum mencapai puncaknya saat ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh pelaksana proyek.

Adapun revitalisasi Pasar Klewer sisi timur dijadwalkan berlangsung selama 240 hari kalender atau delapan bulan. "Semakin ke belakang, tentu ada banyak kendala. Apalagi musim hujan pada awal tahun ini ternyata tidak turun setiap hari."

Heru mengingatkan agar kontraktor mengantisipasi hari-hari Lebaran yang mengharuskan pelaksanaan proyek infrastruktur dihentikan unuk sementara waktu. "Tapi kami hanya bisa memberikan masukan, soalnya wewenang proyek ini berada di tangan pemerintah pusat,’’ katanya.

Pemkot menyarankan agar pelaksana menambah jumlah mesin pengebor yang saat ini baru dua unit, atau mencari penyedia cadangan untuk menyuplai beton kolom k1. ‘’Saat ini kontraktor baru memiliki satu penyuplai, sehingga kalau stok habis harus menunggu produksi baru," katanya.

Sementara itu manajer proyek revitalisasi Pasar Klewer sisi timur, Pamuji Baktiono optimistis, proyek senilai Rp 48 miliar itu bisa selesai tepat waktu. "Pengerjaan sudah sesuai jadwal, tidak ada kendala. Masa pembangunannya kan berjalan delapan bulan," tegas dia.


(Agustinus Ariawan/CN39/SM Network)