• KANAL BERITA

Sekda Baru Jangan Sampai Berpolitik Praktis

Setiawan Wangsaatmaja usai dilantik sebagai Sekda Jabar (suaramerdeka.com/Setiady Dwi)
Setiawan Wangsaatmaja usai dilantik sebagai Sekda Jabar (suaramerdeka.com/Setiady Dwi)

BANDUNG, suaramerdeka.com - Setiawan Wangsaatmaja diwanti-wanti tak tergoda untuk berpolitik praktis pasca menempati jabatan sebagai Sekda Jabar. Mantan Deputi Bidang SDM Aparatur Kemenpan RB itu diminta fokus untuk menghadirkan pelayanan publik yang andal.

"Sekda harus punya pemahaman dimensi politik bagi kepentingan pembangunan, bukan politik praktis, yang individu politis itu hanya gubernur dan wakil gubernur," kata Gubernur Jabar, Ridwan Kamil saat melantil Setiawan Wangsaatmaja sebagai orang ketiga dalam pemerintahannya di Bandung, Jumat (14/2).

Setiawan mengisi jabatan yang ditinggalkan Iwa Karniwa karena terjerat kasus suap Meikarta terkait dengan pencalonannya pada Pilgub Jabar 2018. Sebelum penetapan pejabat definitif itu, Asisten Pemerintah, Daud Ahmad untuk sementara menjadi penjabatnya.

Meski tak menyebutnya secara eksplisit perkara tersebut, Ridwan Kamil menegaskan pentingnya pemahaman tersebut. Pasalnya, hal itu berkaitan dengan integritas. Dengan tugas yang demikian berat, Sekda harus bisa memastikan semua derap pembangunan termasuk komunikasi dan koordinasi ke semua pihak berjalan mulus.

Dengan fokus, Ridwan Kamil menyatakan langkah itu akan menjauhkan pejabat dari kemungkinan timbulnya masalah yang tak diharapkan di kemudian hari. Terlebih dengan adanya koridor yang sudah ditetapkan dalam berperilaku sebagai pejabat.

"Saya titip integritas. Jangan sampai ada berita gara-gara pelanggaran integritas, apalagi OTT di Pemprov Jabar. Untuk itu, teladan itu dari pemimpin, dan jangan lupa untu melayani sepenuhi hati, akhiri jabatan dengan husnul khatimah," kata mantan Walikota Bandung itu.

Secara kapasitas, RK menyebut Setiawan Wangsaatmaja tak perlu lagi diragukan. Karenanya, dia meminta pekerjaan rumah seperti reformasi birokrasi hingga pelayanan publik, serta penguatan inovasi guna menjadi Jabar sebagai provinsi terdepan.

Usai pelantikan, Setiawan Wangsaatmaja menegaskan siap menjalankan arahan RK. Pihaknya siap menghadirkan energi terutama di antara OPD dalam menunjang kinerja gubernur dan wakil gubernur. "Arahnya menghadirkan pelayanan publik yang lebih baik, dan ini akan saya jaga betul," jelasnya.


(Setiady Dwi/CN19/SM Network)