• KANAL BERITA

Siswa SMA Krida Nusantara Bandung Kunjungi Akmil

Wakil Gubernur Akmil Brigjen TNI Wirana Prasetya Budi SE menyalami siswa SMA Terpadu Krida Nusantara dari Cibiru, Bandung, Jumat (14/2). (suaramerdeka.com/Eko Priyono)
Wakil Gubernur Akmil Brigjen TNI Wirana Prasetya Budi SE menyalami siswa SMA Terpadu Krida Nusantara dari Cibiru, Bandung, Jumat (14/2). (suaramerdeka.com/Eko Priyono)

MAGELANG, suaramerdeka.com – Sebanyak 285 siswa SMA Terpadu Krida Nusantara dari Cibiru, Bandung, mengunjungi Akmil Magelang, Jumat (14/2). Mereka diterima oleh Wakil Gubernur Akmil Brigjen TNI Wirana Prasetya Budi SE.

Gubernur Akmil Mayjen TNI Dudung Abdurachman dalam amanat tertulis yang dibacakan Wagub Akmil Brigjen TNI Wirana Prasetya Budi SE menjelaskan  bahwa Akademi Militer merupakan Badan Pelaksana Pusat di tingkat Angkatan Darat. Dengan tugas pokoknya melaksanakan pendidikan pembentukan Perwira Angkatan Darat pada tingkat Akademi.

Disebutkan, saat ini Akademi Militer melatih dan mendidik 1.126 taruna, dan 56 taruni.  Para taruna/taruni tersebut adalah putra-putri terbaik bangsa dari seluruh suku bangsa dan daerah di Indonesia, dengan latar belakang sosial dan budaya yang beraneka ragam. Tentu setelah mereka memenuhi persyaratan.

"Pada saat mereka menjalankan pendidikan di Akademi Militer, seluruh perbedaan tersebut dilebur ke dalam satu tingkah laku dan pola tindak yang sama, melalui pola pendidikan, latihan dan pengasuhan serta pembentukan karakter," katanya.

Selanjutnya setelah selesai mengikuti pendidikan di Akademi Militer, para taruna/taruni berhak menyandang pangkat dan gelar, yaitu pangkat Letnan Dua di Angkatan Darat dan Sarjana Terapan Pertahanan. Sebagai informasi tambahan, disampaikan pula bahwa untuk TP 2019/2020 ini Akademi Militer tidak mendapatkan alokasi peserta didik taruni, dikarenakan sudah terpenuhinya kebutuhan organisasi TNI AD.

Pada kegiatan kunjugan tersebut, para siswa SMA Terpadu Krida Nusantara mendapat kesempatan menyaksikan film tentang profil Akademi Militer di Gedung Sumartal. Setelah itu meninjau Museum Abdul Jalil Akmil dan keliIing kesatrian Akademi Militer yang dipandu oleh Taruna Alumni SMA Krida Nusantara dan organik Akademi Militer.

Kunjungan tersebut juga diterima para pejabat distribusi Akmil. Sementara itu yang mendampingi para siswa sekolah tersebut   Ketua Yayasan Krida Nusantara Ny Nori C Tri Sutrisno SH beserta pengurus yayasan, serta Kepala Sekolah SMAT Krida Nusantara.


(Eko Priyono/CN19/SM Network)