• KANAL BERITA

Ayo Berbagi Makanan Dengan Keluarga Pasien RSUP Dr Sardjito

Fara Devana, Public Relation Kitabisa.com, saat menerangkan cara mengambil dos makan. (suaramerdeka.com/Sugiarto)
Fara Devana, Public Relation Kitabisa.com, saat menerangkan cara mengambil dos makan. (suaramerdeka.com/Sugiarto)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Setelah berhasil menyediakan lebih dari 10 ribu makanan gratis untuk keluarga pasien di RS Evasari dan RSCM Jakarta, kali ini Kitabisa.com menyediakan FoodBox gratis di luar Jakarta.

Kali ini RS Sardjito Yogyakarta dan Sekolah Singgah Kak Domby menyediakan tempat untuk makanan gratis selanjutnya. Ada 100 kotak makanan gratis yang bisa dinikmati oleh keluarga pasien RSUP Dr Sardjito dan 80 kotak makanan gatis untuk anak-anak di Sekolah Singgah Kak Domby Yogyakarta.

''Kami sangat terimakasih karena diberi kesempatan untuk berbuat baik di rumah sakit dan Sekolah Singgah Kak Domby ini,'' kata Fara Devana, Public Relation Kitabisa.com disela-sela peluncuran makanan gratis bagi kekuarga pasien RS Sardjito dan Sekolah Singgah Kak Domby di RSUP Dr Sardjito, Yogyakarta, Jumat (14/2).

Menurut Fara, kali pertama Kitabisa.com menyediakan makanan gratis untuk keluarga pasien di RS Evasari dan RSCM Jakarta pada 19 Oktober 2019 lalu. Di bulan kedua awal tahun 2020 ini, Kitabisa.com berhasil berbagi kasih dengan keluarga pasien di luar Jakarta. Yaitu, dengan RSUP Dr Sardjito dan Sekolah Singgah Kak Domby Yogyakarta.

Sebagai tempat yang memberi jasa pelayanan kesehatan, RSUP Dr Sardjito melihat bagaimana kesehatan tubuh keluarga pasien menjadi aspek yang tidak kalah penting untuk diperhatikan. Sempitnya kesempatan untuk meninggalkan pasien serta sulitnya biaya untuk makan menjadi kekhawatiran tersendiri bagi keluarga pasien.

Melihat ini, RSUP Dr Sardjito Yogyakarta merasa perlu adanya bentuk pelayanan untuk meringankan beban keluarga pasien. FoodBox ini akan hadir selama lima hari, Senin sampai Jumat yang terletak di depan ruang rawat inap satu, dimana tempat tersebut adalah pusat perawatan pasien BPJS mulai dari kelas satu hingga kelas tiga.

Dijelaskan Fara, ketersediaan makanan akan disediakan oleh Yayasan Sosro Bahu telah sesuai dengan standar kesehatan rumah sakit. Sedangkan desain FoodBox RSUP Dr Sardjito dibuat oleh Komikrukii, ilustrator asal Yogyakarta yang dikenal sering menyuarakan isu sosial melalui karyanya.

FoodBox kedua di Yogyakarta berada di Sekolah Singgah Kak Domby. Berkolaborasi dengan youtuber Edhlzell, setiap hari akan ada 80 makanan yang bisa dinikmati secara gratis oleh anak-anak jalanan yang belajar di sekolah singgah tersebut. Sekolah singgah ini dipilih Edhozell untuk menambah motivasi anak-anak jalanan agar terus sekolah.

''Kami ingin terus menghubungkan dan menyalurkan lebih banyak kebaikan. Mehadiran FoodBox ini semoga dapat membantu meringankan beban mereka yang membutuhkan. Agar keluarga tetap sehat menjaga yang sakit dan adik-adik sekolah singgah terus semangat belajar, meraih cita-citnya,'' ujar Fara.

Setelah Jakarta dan Yogyakarta, lanjut Fara, FoodBox gratis dari donator Kitabisa.com rencananya akan diadakan di Semarang dan Bandung. Masyarakat dapat terus mendukung keberadaan FoodBox ini dengan berdonasi melalui Kitabisa.com.


(Sugiarto/CN19/SM Network)