• KANAL BERITA

Calon Wali Kota Solo Bakal Diumumkan Akhir Maret

Foto Istimewa
Foto Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com – Pengumuman terkait jadi atau tidaknya Gibran Rakabuming Raka mendapatkan tiket pencalonan Wali Kota Solo bakal diumumkan pada bulan Maret. Pengumuman termasuk menyampaikan calon kepala daerah lain yang ikut kontestasi serentak di 270 wilayah.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Bambang Wuryanto, menyatakan pengumumansSelambat-lambatnya akan diumumkan pada tanggal 23 Maret. Demikian disampaian Bambang di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis 13 Februari 2020.

Pria yang akrab disapa Bambang Pacul ini mengatakan, sampai hari ini belum ada keputusan dari DPP mengenai pencalonan di Kota Solo. Hanya saja, ia menerangkan, proses uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap Gibran dan Achmad Purnomo- pesaingnya- tengah disusun.

Belum lama ini keduanya beserta Teguh Prakosa, calon pendamping Purnomo, mengikuti fit and proper test di kantor partai berlogo banteng tersebut, belum lama ini.

"Tim fit and proper test sudah menyusun hasilnya nanti dibawa dalam rapat pleno DPP, di mana Ketua Umum hadir," kata Bambang yang juga merangkap Ketua PDIP Jawa Tengah.

Bambang menambahkan, pihaknya menghormati sikap politik yang ditunjukkan sejumlah partai soal dukungannya kepada Gibran. Hanya saja, dia meyakini, komitmen putra sulung Presiden Jokowi itu akan mekanisme partai dalam penjaringan setiap calon.

"Kalau Golkar mau mendukung dan mengusung monggo, Gerindra monggo. Tetapi kita semua yang mendaftar di PDIP calonnya akan ditimbang, diukur," ujarnya.


(Viva/CN19/SM Network)