• KANAL BERITA

Pengobatan Pendukung Akupuntur Hewan, dari Kucing Sampai Gajah

Foto Istimewa
Foto Istimewa

SEMARANG, suaramerdeka.com - Sekarang ini pengobatan dengan metoda akupuntur bisa digunakan untuk mengurangi konsumsi obat bagi pasien dan termasuk terapi pendukung (suportif) untuk beberapa kasus penyakit hewan.

Wacana itu mengemuka dalam Bincang Hewan Sehat Selasa (28/1). Drh Lely Anggriani, manajer operasional Amimal Center Drh Nugroho Semarang mengatakan, "Profesionalisme dalam pengobatan ini bagi dokter dan praktisi sangat dibutuhkan. Untuk itu drh Lily Gunawan CVA pakar akupunktur hewan akan hadir dalam seminar dan workshop Dasar Akupunctur dan Terapi Emergensi. Acara akan diselenggarakan Sabtu (1/2) di Ballroom Animal Center Drh Nugroho, Jalan Imam Bonjol Semarang.

Masih kata Lely, pada pengobatan hewan, akupunktur juga digunakan untuk anjing, kucing, kuda, gajah, ular dan serta beberapa jenis hewan lainnya. Terapi ini jugs digunakan khsus untuk penyakit pada bagian syaraf dan otot. Tapi sekarang lebih berkembang lagi untuk beberapa penyakit lain.

Semua peserta akan mendapatkan sertifikasi melalui SKBP yakni Satuan Kredit Pendidikan Berkelanjutan, "Atau semacam sertifikat yang terdapat jumlah point dari tim pelaksana, bahwa peserta sudah mengikuti pendidikan berkelanjutan berupa seminar dan workshop.

Seminar dan workshop ini diselenggarakan oleh Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Jateng I dan bekerjasama dengan Forum Komunikasi Dokter Hewan Praktik Semarang (FKDHPS).


(Red/CN19/SM Network)