• KANAL BERITA

Kampus Merdeka Berikan Kesempatan Lebih Luas Kepada Mahasiswa

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

TANGERANG, suaramerdeka.com - Kebijakan Kampus Merdeka yang telah disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) memberikan dampak yang sangat penting bagi negara dan bisa dirasakan secara cepat dan rill. Hal inilah membuat Universitas Terbuka (UT) menyambut ide atau gagasan yang disampaikan Mendikbud tentang Kampus Merdeka.

"Tentu kita harus mengikuti perkembangan yang terus berlangsung. Pertama, kita melihat bahwa Kampus Merdeka itu, memberikan kesempatan yang lebih luas kepada mahasiswa untuk berkembang dan mengoptimalkan kapasitasnya," ujar Rektor UT, Ojat Darojat di Kampus UT, Tangerang Selatan.

Para mahasiswa, lanjut Ojat, tidak hanya belajar di kampus mengikuti kurikulum yang kita bangun selama ini. "Disitu ada kewajiban-kewajiban terkait mata kuliah yang harus ditempuh dan yang sudah terstruktur dari semester ke semester," jelasnya.

Dengan adanya Kampus Merdeka, Ojat mengatakan sangat memungkinkan bagi seorang mahasiswa yang kuliah di UT tapi mereka juga bisa mengambil mata kuliah atau melakukan kegiatan-kegiatan yang ada kaitannya dengan kompetensi yang ingin dicapainya.

"Jadi, untuk mencapai kompetensi lulusan suatu program studi (prodi) tidak hanya dibatasi ruang dan waktu kuliah di UT tapi juga mereka bisa menimbanya di tempat lain. Apakah di program lain, atau di institusi lain untuk melakukan magang, internship dsb yang penting terkait dengan kompetensi yang ingin dicapai," terangnya.

Tentunya, itu semua harus mempunyai rambu-rambu akademik dan sistem penjaminan mutu yang memungkinkan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di luar prodi sehingga memberikan manfaat sebesar-besarnya dalam rangka mendukung kesuksesan belajarnya mencapai kompetensi yang disyaratkan dalam kompetensi kelulusan.


(Prajtna Lydiasari/CN39/SM Network)