• KANAL BERITA

Basarnas Temukan Korban Tenggelam di Sungai Bener

KANTONG MAYAT: Tim SAR Gabungan sedang menurunkan kantong mayat berisi mayat Sanirsad (80), warga Desa Pekaja RT 02 RW 02 Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas yang tenggelam di Sungai Bener.(suaramerdeka.com/Dok)
KANTONG MAYAT: Tim SAR Gabungan sedang menurunkan kantong mayat berisi mayat Sanirsad (80), warga Desa Pekaja RT 02 RW 02 Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas yang tenggelam di Sungai Bener.(suaramerdeka.com/Dok)

CILACAP, suaramerdeka.com - Setelah dilakukan operasi pencarian selama dua hari, Minggu sampai Senin (26-27/1), Basarnas Cilacap dan Tim Pencarian dan pertolongan (SAR) Gabungan akhirnya berhasil menemukan korban yang hilang akibat tenggelam di Sungai Bener, Kecamatan Kalibagor, Banyumas.

Korban yang diketahui bernama Sanirsad (80), warga Desa Pekaja RT 02 RW 02 Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas ditemukan pada hari Senin (27/1) sekitar pukul 14.50 WIB. Tepatnya di Sungai Serayu, Desa Tumiyang, Kecamatan Kebasen.

Kabupaten Banyumas, Selanjutnya korban di bawa ke RSUD Banyumas untuk di visum.

"Tubuh korban saat ditemukan dalam posisi mengambang di sungai. Tim SAR Gabungan yang sedang melakukan pencarian, saat itu juga langsung mengevakuasi tubuh korban ke perahu karet," kata Kepala Basarnas Kantor SAR Cilacap, I Nyoman Sidakarya, Senin (27/1).

Selanjutnya I Nyoman mengatakan, korban ketika ditemukan sudah dalam keadaan meninggal dunia. Lokasi tubuh korban kurang lebih 10 kilometer ke arah hilir sungai dari lokasi korban tenggelam. Tubuh korban selanjutnya di bawa ke RSUD Banyumas untuk di visum.

Korban Sanirsad (80), warga Desa Pekaja RT 02 RW 02 Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas dilaporkan tenggelam dan hilang di Sungai Bener pada hari Sabtu (25/1) sekitar pukul 12.30

Selama pencarian, lanjut I Nyoman, ada beberapa kendala yang dihadapi Tim SAR yaitu arus sungai yang deras, debit air bertambah dan area pencarian yang luas.

"Setelah korban ditemukan maka Operasi SAR secara resmi ditutup dan semua unsur SAR yang ikut dalam operasi tersebut dikembalikan ke kesatuan masing-masing," katanya.

Selain personel dari Basarnas Kantor SAR Cilacap, Operasi SAR tersebut juga melibatkan personel dari BPBD Kabupaten Banyumas, Koramil Kalibagor, Polsek Kalibagor, Tagana Kabupaten Banyumas, SAR Banyumas, RAPI Kabupaten Banyumas, Pemuda Pancasila, MDMC Kabupaten Banyumas, Senkom Banyumas, Linmas, serta keluarga korban dan masyarakat.


(Agus Sukaryanto/CN39/SM Network)