• KANAL BERITA

Mulus Tapi Gersang, Jalur Kota Minim Pohon Peneduh

KONDISI GERSANG: Kondisi jalur mulus di Kota Bumiayu, Brebes, namun gersang, minim pohon penuduh di kanan-kiri jalan. (suaramerdeka.com/Teguh Inpras)
KONDISI GERSANG: Kondisi jalur mulus di Kota Bumiayu, Brebes, namun gersang, minim pohon penuduh di kanan-kiri jalan. (suaramerdeka.com/Teguh Inpras)

BUMIAYU, suaramerdeka.com - Kondisi Jalan Diponegoro atau jalur Kota Bumiayu saat ini mulus berlapis beton, setelah proyek pengecoran rampung. Namun suasana kota tampak gersang, tak ada lagi pepohonan sebagai peneduh, di kanan kiri jalan.

Ketua LSM Penyelamatan Tanah Air Lingkungan dan Daerah Aliran Sungai (Patal DAS) M Jamil menyebut hilangnya pepohonan itu merupakan konsekuensi dari sebuah pembangunan."Setiap pembangunan harus ada yang mengalah. Pada proyek rigid beton jalur kota Bumiayu ini, pohon yang dikorbankan," kata dia, Senin (27/1).

Sejumlah pepohonan di kanan kiri jalur kota Bumiayu antara Simpang Tiga Lapangan Asri hingga Pasar Induk dibabat habis untuk kelancaran pemasangan saluran beton dan trotoar. Mayoritas pohon saat itu jenis Glodokan Pecut.

Jamil mengatakan pohon di kanan kiri jalan tidak saja untuk penghijauan tetapi mengurangi polusi udara. Oleh karenanya, pemerintah perlu mengganti pohon yang sudah ditebang tersebut."Mungkin tanaman dengan media pot besar. Selain untuk penghijauan, juga memperkuat estetika kota," ujarnya.

Salah seorang pengguna jalan Sholehudin mengaku senang jalur Kota Bumiayu sudah dibeton dan mulus. Namun kondisi kota semakin gersang setelah pepohonan di kanan kiri ditebang saat pelaksanaan proyek pembetonan jalan.

"Kita senang jalan sudah dibeton. Tapi disisi lain, suasana kota juga semakin gersang. Membuat mata cepat lelah," ujarnya.

Kepala UPT Lingkungan Hidup  dan  Pengelolaan Sampah wilayah Bumiayu Sudrajat mengaku akan membuat usulan penghijauan di jalur kota tersebut."Yang paling memungkinkan menggunakan pot besar karena tidak ada lagi ruang untuk menanam," ujarnya.


(Teguh Inpras Tribowo/CN39/SM Network)