• KANAL BERITA

Uji Coba Satu Arah Jalan Jendral Sudirman

PEMISAH JALUR: Pemisah jalur dipasang di simpang tiga Jalan Jenderal Sudirman-Jalan Pemuda untuk uji coba satu arah. (suaramerdeka.com/Ali Basarah)
PEMISAH JALUR: Pemisah jalur dipasang di simpang tiga Jalan Jenderal Sudirman-Jalan Pemuda untuk uji coba satu arah. (suaramerdeka.com/Ali Basarah)

PEMALANG, suaramerdeka.com – Dinas Perhubungan mulai melakukan uji coba sistem satu arah di Jalan Jenderal Sudirman Kota Pemalang, mulai Sabtu (25/1). Namun sistem searah itu hanya diberlakukan pada seksi I untuk kendaraan dari arah barat ke timur.

Kepala Dishub Akhmad Fatah melalui Kasi Manajemen Lalu Lintas  Indra Gunawan mengatakan sebelum uji coba hasil kajian Jalan Jenderal Sudirman satu arah sebelumnya disampaikan kepada masyarakat melalui Forum Lalu Lintas di aula Dishub.

"Sistem satu arah ini dimulai Sabtu bersamaan dengan kegiatan pawai artis pagelaran Road to Kilau Raya," kata Indra, Senin (27/1).

Sistem satu arah diberlakukan setiap hari mulai pukul 06.00 sampai pukul 22.00. Penerapan uji coba satu arah Jalan Jenderal Sudirman, tidak dilakukan sepenuhnya, namun hanya pada seksi I. ‘’Itu pun hanya untuk kendaraan dari arah barat menuju ke timur,’’ katanya.

Sistem satu arah dimulai dari simpang tiga Pegadaian sampai simpang tiga Tip Top. Di seksi I tersebut Dishub menambah beberapa fasilitas antara lain pemasangan bariel pemisah jalan dan rambu-rambu.

Sementara itu meskipun sistem tersebut telah disosialisasikan di media sosial namun masih ada masyarakat belum mengetahui. Mereka nekat menerobos masuk jalur satu arah dari arah timur. Akibatnya dihentikan petugas Dishub untuk diberi informasi sistem satu arah.

Di beberapa celah penyeberangan yang ditutup dengan bariel, masih ada masyarakat menerobos masuk jalur satu arah dan melawan arus. Bariel yang dipasang itu dia singkirkan agar sepeda motornya bisa masuk.

Jalan Jenderal Sudirman saat ini memiliki empat lajur dan ada pulau jalan di tengahnya. Kepadatan kendaraan di jalan tersebut terjadi tiga kali dalam sehari antara lain pukul 06.00-07.00, 12.00-13.00 dan 16.00-17.00.

Adapun volume lalu lintas di Jalan Jendral Sudirman mencapai 503,15 satuan mobil penumpang (smp)/jam pada arah barat seksi I, 508,65 smp/jam (timur seksi I), 772,5 (barat seksi II), 678,9 (timur seksi II), 710,4 (barat seksi III) dan 617,5 (timur seksi III).


(Ali Basarah/CN39/SM Network)