• KANAL BERITA

UPGRIS Lepas 2.953 Mahasiswa Magang Mengajar ke Sekolah

LEPAS MAHASISWA: Rektor UPGRIS Muhdi saat melepas mahasiswanya yang hendak magang kerja di Balairung, kampus UPGRIS, Senin (27/1).
LEPAS MAHASISWA: Rektor UPGRIS Muhdi saat melepas mahasiswanya yang hendak magang kerja di Balairung, kampus UPGRIS, Senin (27/1).

SEMARANG, suaramerdeka.com- Kesempatan bagi mahasiswa Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) buat mengaplikasikan hasil belajarnya selama masa kuliah dengan mengikuti magang mengajar ke 116 sekolah di Kota Semarang. Mahasiswa program studi (prodi) kependidikan yang berjumlah 2.953 orang ini merupakan peserta magang I dan II universitas. Mereka dilepas Rektor UPGRIS Dr Muhdi MHum di Balairung, kampus UPGRIS, Senin (27/1).

Peserta magang I ini berjumlah 1.299 yang merupakan mahasiswa semester III menuju IV. Adapun, magang II diikuti 1.654 mahasiswa semester V menuju VI. Mereka ini berasal dari berbagai macam prodi seperti Bimbingan konseling, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, PPKn, Pendidikan Ekonomi, Biologi, dan Fisika. Menurut Muhdi, peserta magang I ini lebih kepada mengenal atau observasi sekolah. Magang II dilatih bagaimana mempersiapan pembelajaran serta praktik mengajar.

"Peserta magang ini masuk ke masa transisi, dari sistem pendidikan lama menuju ke merdeka belajar. Mereka akan terlibat proses sekolah dalam menyiapkan sistem merdeka belajar," jelas Muhdi yang juga Ketua PGRI Jateng usai melepas peserta magang.

Pihaknya berharap, pengalaman ke lapangan ini dapat dijadikan pembelajaran. Mereka diharapkan bisa mendapatkan pengalaman yang cukup buat menjadi guru yang baik serta fokus pada merdeka belajar.

Dengan demikian, peserta magang kelak saat jadi guru akan mampu mewujudkan pembelajaran menarik dan menyenangkan bagi siswanya. Selain itu, mereka juga diharapkan mampu mengoptimalkan potensi bakat dan minat anak didiknya.

Di sisi lain, Kepala Pusat Sumber Belajar, Kurikulum, dan PPL Lembaga Pengembangan Profesi, UPGRIS, Prasetiyo MPd mengatakan, pelaksanaan magang ini terbagi dalam tiga tahapan, mulai pembekalan, pengenalan budaya sekolah, serta perkuliahan di kampus selama satu semester., Menurut dia, peserta menjalani magang di 116 satuan pendidikan SMP, SMA, MA serta SMK.


(Royce Wijaya/CN34/SM Network)