• KANAL BERITA

Pubber Harus Manfaat Bagi Anggota

Bupati Batang Wihaji saat melihat hasil produk anggota Pubber yang dipasarkan melalui online maupun offline. (suaramerdeka.com/Kasirin Umar)
Bupati Batang Wihaji saat melihat hasil produk anggota Pubber yang dipasarkan melalui online maupun offline. (suaramerdeka.com/Kasirin Umar)

BATANG, suaramerdeka.com - Bupati Batang Wihaji mengatakan, Paguyuban UMKM Batang Bersatu (Pubber) merupakan organisasi yang merangkul semua UMKM. Maka syaratnya harus manfaat, kalau tidak pasti organisasinya akan bubar.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Wihaji saat melaunching Pengurus PUBBER yang berlangsung di Pendopo Kantor Bupati setempat, Senin (27/1).

“Pubber sangat sensitif manakala ormas UMKM tidak transparan dan manfaat. Karena berhubungan dengan dagang dan uang, jangan ada yang merasa superior," kata Wihaji mengingatkan.

Bupati meminta semua anggota Pubber harus bisa saling menolong, membantu dalam pemasarannya, baik melalui online maupun offline. Sehingga akan terbangun pola pikir masyarakat, dengan Pubber penjualannya banyak, rezeki dan relasi bisnis bertambah.

“Pemkab akan membangun Bazar Bisnis di Eks Pasar Darurat yang diperuntukan UMKM, maka persiapakan produk yang baik bagi pelaku usaha ekonomi kreatif agar kita tidak jadi penonton," tutur Wihaji.

Diungkapkan, tahun 2020 sudah mulai ada lompatan peradaban di Batang, karena akan ada 20 ribu tenaga baru yang bekerja di Batang dengan hadirnya industri.

" Ini akan menjadi potensi pangsa pasar baru bagi UMKM, maka tangkap peluang tersebut dengan membuka usaha yang menjadi kebutuhan mereka,"sebutnya.

Dikatakan lebih lanjut, Pemkab siap membantu pelaku usaha dalam pengurusan perijinan baik untuk sertifikat Badan Pengawas Obat dan Makanan dan menjembatani untuk mendapatkan modal usaha melalui kredit lunak.

“Ke depan kita akan gelar Road show Pasar Tiban UMKM di setiap kecamatan, yang tujuannya produk dari Pubber bisa dikenal masyarakat dan laku,"pungkas Wihaji.

Sementara itu, Ketua Pubber Kusbiyanto mengatakan, organisasi tersebut terlahir dari embrio beberapa pelaku UMKM di Batang melalui media sosial IKM, dan pada 17 September 2019, terbentuklah Pubber.

“Anggota UMKM yang bergabung dengan Pubber sebanyak 250 pelaku usaha, dari mulai kerajinan ekonomi kreatif hingga kuliner dari 15 Kecamatan di Kabupaten Batang," jelas dia.


(Kasirin Umar/CN19/SM Network)