• KANAL BERITA

Jamselinas 2020 Siap Moncerkan Magelang Raya

Wakil Wali Kota Magelang, Windarti Agustina, bersama Sekda Kota Magelang, Joko Budiyono, Ketua Komunitas Selima, Rusli, dan Ketua Panitia Jamselinas memberi keterangan saat launching dan press conference Jamselinas 2020 di GOR Samapta Kota Magelang. (suaramerdeka.com/Asef Amani)
Wakil Wali Kota Magelang, Windarti Agustina, bersama Sekda Kota Magelang, Joko Budiyono, Ketua Komunitas Selima, Rusli, dan Ketua Panitia Jamselinas memberi keterangan saat launching dan press conference Jamselinas 2020 di GOR Samapta Kota Magelang. (suaramerdeka.com/Asef Amani)

MAGELANG, suaramerdeka.com – Jambore Sepeda Lipat Nasional (Jamselinas) ke-10 bakal turut memeriahkan program “Magelang Moncer Serius 2020” di Kota Magelang. Agenda rutin tahunan tersebut akan dihelat pada 10 Oktober 2020 mendatang dengan target peserta sebanyak 2.020 pesepeda.

“Kita akan buka pendaftaran di bulan Maret dengan kuota sebanyak 1.800 peserta. Tapi, kami memperkirakan jumlah peserta akan membludak hingga melebihi target,” ujar Ketua Panitia Jamselinas 2020, Ariyanto, saat Launching dan Press Conference di GOR Samapta, Minggu (26/1).

Dia menuturkan, Jamselinas ke-10 menjadi kerja bersama antara Komunitas Sepeda Lipat Magelang (Selima) dan Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Magelang. Kegiatan skala nasional ini pun masuk dalam agenda Magelang Moncer Serius 2020.

“Ada banyak kegiatan selama Jambore nanti, seperti gowes bareng menikmati potensi-potensi pariwisata di Magelang Raya. Rencana ada juga kontes sepeda lipat kategori terbagus dan terjelek serta pentas kesenian,” katanya.

Ketua Komunitas Selima, Rusli mengutarakan, Kota Magelang merupakan kota kecil pertama yang menjadi tuan rumah jambore tingkat nasional. Sebab, biasanya jambore diadakan di kota-kota besar, seperti yang kesembilan tahun 2019 lalu di Kota Palembang.

“Peserta di Palembang ada sekitar 1.500 pesepeda. Saat di Palembang, kita langsung dikukuhkan menjadi tuan rumah Jamselinas tahun 2020. Kita siap menjadi tuan rumah yang baik dan menyukseskan acara serta memberi kesan terbaik kepada para peserta,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Magelang, Windarti Agustina mengaku, menyambut baik rencana Jamselinas pada 10 Oktober 2020 tersebut. Kota Magelang dinilainya sama seperti sepeda lipat yang berukuran kecil tapi indah.

“Kota Magelang itu small is beautifull, sama seperti sepeda lipat yang tak lihat cantik-cantik dan kelihatannya juga mahal-mahal. Maka, kami harap Jamselinas nanti juga menjadi acara yang cantik dan sangat berkesan bagi peserta,” paparnya.

Apalagi, katanya, yang datang banyak dari luar daerah. Bahkan, rencana ada juga dari luar negeri, seperti Singapura dan Malaysia. Kegiatan-kegiatan yang sudah disusun pun diharap mampu memberi kesan terbaik bagi mereka, seperti gowes wisata, night ride, dan pentas kesenian.

“Kami melihat, keberadaan komunitas sepeda ini dapat menjadi salah satu upaya kampanye transportasi menyehatkan. Di tengah isu pencemaran lingkungan, sepeda menjadi pilihan moda darat yang pas untuk mengurangi polusi udara tersebut,” terangnya.

Senada disampaikan Sekda Kota Magelang, Joko Budiyono bahwa, kehormatan bagi Kota Magelang yang menjadi tuan rumah event skala nasional. Apalagi, akan dihadiri 2000-an pesepeda yang otomatis seiring dengan tujuan program Magelang Moncer Serius 2020.

“Kami harap efek gandanya akan dirasakan banyak elemen, seperti pariwisata, hotel, penginapan atau homestay, UMKM, dan lain sebagainya. Maka, kami sangat mendukung Jamselinas ini,” ungkapnya.


(Asef Amani/CN40/SM Network)