• KANAL BERITA

Antisipasi Joki, Panitia SMM PTN Barat Siapkan Pengacakan Nomor PIN Ujian

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Untuk mengantisipasi kecurangan dengan penggunaan joki selama ujian, panitia seleksi masuk perguruan tinggi jalur mandiri (SMM PTN) Barat mengaku telah menyiapkan skema melalui pengacakan nomor pin ujian dan perbandingan tertentu antara jumlah peserta dan pengawas ujian.

"Soal ujian yang diberikan juga akan berstandar SNMPTN karena dibuat oleh Tim dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT)," ujar Ketua Ketua Panitia SMM PTN Barat 2020, Samsul Rizal di Jakarta.

SMM PTN Barat merupakan program yang diselenggarakan setiap tahun sejak 2016 dan mendapatkan tambahan tiga PTN yang baru bergabung dengan BKS PTN Wilayah Barat pada tahun 2020.

Delapan belas PTN yang tergabung dalam penyelenggaraan SMM PTN Barat 2020 antara lain Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Universitas Andalas (Unand), Universitas Jambi (Unja), Universitas Lampung (Unila), Universitas Bengkulu (Unib), Institut Seni Indonesia (ISI) Padang panjang, Universitas Palangkaraya (UPR), Universitas Malikussaleh (Unimal), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta).

Selanjutnya, Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Universitas Bangka Belitung (UBB), Universitas Teuku Umar (UTU), Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh, Universitas Samudera (Unsam), Universitas Riau (UNRI), Universitas Siliwangi (Unsil) dan Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA).

Pembiayaan penyelenggaraan SMM PTN BARAT 2020 sepenuhnya bersumber dari biaya registrasi dan seleksi para calon mahasiswa.

"Biaya registrasi dan seleksi bagi peserta yang masuk kelompok Saintek atau Soshum sebesar Rp 350.000 sementara bagi peserta yang masuk kelompok Campuran dan kelompok Saintek atau Soshum yang ada materi uji keterampilan atau materi ujian berkemampuan bahasa Inggris adalah sebesar Rp 500.000," tambahnya.

Informasi lebih lanjut meliputi ketentuan dan persyaratan umum, tata cara pembayaran biaya registrasi dan seleksi, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan pilihan PTN serta program studinya, secara rinci dapat dilihat pada laman www.smmptnbarat.id dan website masing-masing perguruan tinggi.


(Prajtna Lydiasari/CN39/SM Network)