• KANAL BERITA

Hal Penting Mempelajari Matematika Bisa Memahami Konsepnya

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Dalam mempelajari matematika, hal yang terpenting adalah bisa memahami konsepnya dan mempelajarinya dengan menyenangkan. Dengan begitu, anak bisa menemukan jawaban dengan berbagai cara dan melatih anak berpikir kreatif.

"Kami melatih anak-anak agar dapat memahami masalah, mencari cara, menghitung, dan memeriksa kembali," ujar Direktur Benesse Indonesia, Tatsunosuke Suzuki di Jakarta.

Itu sebabnya mengapa sejak tiga tahun lalu, Shinkenjuku sebagai bimbingan belajar khusus matematika sudah memperkenalkan soal dengan daya nalar tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS) melalui materi ajar pilihan untuk generasi emas Indonesia.

"Shinkenjuku juga menyiapkan wadah kompetisi yang digelar rutin dua kali setahun. Pada awal paruh kedua tahun ajaran 2019/2020, Shinkenjuku akan mengadakan gelaran “The 3rd Shinkenjuku Math Championship” dengan mengusung soal-soal kemampuan berpikir tingkat tinggi," ungkapnya.

Hal tersebut sejalan dengan sejumlah upaya yang telah dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk meningkatkan minat siswa dan juga kemampuan berpikirnya. Sejak 2018, untuk jenjang sekolah dasar (SD) sudah dimasukkan soal-soal yang berbasis daya nalar tinggi.

Dalam pembelajaran juga dilakukan perubahan, yakni ditambah dengan materi penguatan pembelajaran yang di dalamnya terdapat materi daya nalar tingkat tinggi.

"Kami berharap dengan upaya yang dilakukan. maka minat dan kompetensi anak-anak akan pelajaran matematika itu dapat terus meningkat," harap Kepala Seksi Pembelajaran Subdit Kurikulum Direktorat Sekolah Dasar Kemendikbud, Setiawan.

Sementara, Presiden Direktur PT Benesse Indonesia, Keiko Toyoizumi mengatakan kompetisi itu dilangsungkan pada tanggal 18 dan 26 Januari 2020. Menurutnya, ajang ini dipersiapkan sebagai salah satu sarana mengasah dan mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi anak-anak Shinkenjuku.

"Kejuaraan ini terdiri dari babak penyisihan yang diikuti oleh para member di setiap outlet Shinkenjuku dan babak final yang akan diiikuti oleh peserta yang berhasil menjadi peringkat teratas di masing-masing outlet Shinkenjuku di seluruh Indonesia," kata Toyoizumi.


(Prajtna Lydiasari/CN39/SM Network)