• KANAL BERITA

Pasca Viral, Nenek Rubingah Akan Diberi Bantuan JPS

Nenek Rubingah (Foto Surya Grage Online)
Nenek Rubingah (Foto Surya Grage Online)

SLEMAN, suaramerdeka.com - Nama nenek Rubingah (60) beberapa hari terakhir, ramai menjadi bahan pembicaraan. Lantaran, warga Dusun Kranggan 1, Desa Jatitirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman itu mendapat perlakuan kasar setelah dituduh mencuri mangga milik pedagang di Pasar Potrojayan Prambanan.

Kejadian itu direkam, dan videonya viral di media sosial. Setelah permasalahannya menyedot perhatian banyak pihak barulah diketahui bahwa ternyata Rubingah adalah lansia miskin yang hidup sebatang kara.
Saat dikonfirmasi wartawan, Sekretaris Dinas Sosial (Dinsos) Sleman Epiphana Kristiani mengatakan, pihaknya telah merespon kondisi sosial Rubingah lewat upaya Jaring Pengaman Sosial (JPS).

"Ibu Rubingah belum bisa menerima bantuan lanjut usia (lansia) karena umurnya baru menginjak 60 pada tahun ini. Sehingga, kami berikan JPS terlebih dulu sebagai batu loncatan sebelum diusulkan sebagai penerima bantuan lansia," terangnya, Jumat (24/1).

Jaring Pengaman Sosial merupakan bantuan insidentil yang salah satu sasaran penerimanya adalah lansia telantar yang belum terdaftar asistensi sosial dari APBN. Nilai bantuan per bulan sebesar Rp 200 ribu dalam bentuk uang tunai.

Adapun besaran bantuan lansia reguler, nominalnya juga sama yakni Rp 200 ribu tiap bulan. "Mengingat Bu Rubingah tinggal seorang diri, penyerahannya nanti bisa dibantu oleh petugas di lapangan maupun dukuh," ucap Epiphana.

Disamping bantuan sosial, Pemkab Sleman akan mengupayakan pengadaan jaringan listrik di rumah Rubingah. Pengadaan listrik ini dilakukan melalui kerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk mendapatkan layanan aktif, serta bantuan konsumtif Rp 600 ribu per tahun.

Terpisah, Dukuh Kranggan 1, Suharmadi mengatakan, sudah sejak lama Rubingah tidak memperoleh bantuan dari pemerintah. Terakhir, program bantuan yang diperoleh lansia itu adalah beras miskin (raskin). Namun setelah bantuan raskin dicabut, Rubingah terkadang meminta makanan kepada tetangga atau menjadi tukang pijat keliling.

Terkait rencana Pemkab Sleman memberikan bantuan sosial bagi warganya tersebut, Suharmadi menyatakan siap membantu prosesnya.


(Amelia Hapsari/CN19/SM Network)