• KANAL BERITA

2.500 Pohon Kelapa Ditanam di Pantai Selatan

TANAM POHON: Dandim 0703/Cilacap, Letkol Inf Wahyo Yuniartoto, SE, M.Tr (Han) sedang memberikan sambutan sebelum kegiatan penanaman pohon kelapa di Pantai Selatan dimulai. (suaramerdeka.com / dok)
TANAM POHON: Dandim 0703/Cilacap, Letkol Inf Wahyo Yuniartoto, SE, M.Tr (Han) sedang memberikan sambutan sebelum kegiatan penanaman pohon kelapa di Pantai Selatan dimulai. (suaramerdeka.com / dok)

CILACAP, suaramerdeka.com - Kodim 0703/Cilacap melaksanakan program penghijauan dengan menanam 2.500 bibit pohon kelapa. Penanaman bibit pohon kelapa tersebut dilakukan secara serentak di beberapa titik wilayah pesisir Pantai Selatan, meliputi Pantai Jetis, Pantai Widarapayung, Pantai Adipala dan Pantai Teluk Penyu.

Penanaman secara simbolis dipimpin langsung oleh Komandan Kodim/0703 Cilacap, Letkol Inf Wahyo Yuniartoto, SE, M.Tr (Han) didampingi sejumlah pejabat Pemkab Cilacap di sepanjang Pantai Teluk Penyu, Jumat (24/1).

Ikut hadir untuk menanam bibit pohon kelapa bersama Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Wahyo Yuniartoto, SE, M.Tr (Han) yaitu Ketua DPRD Cilacap Taufik Nurhidayat, Perwira Pelaksana (Palaksa) Lanal Cilacap Letkol Laut (P) Bambang Hartono, Kabagsumda Polres Cilacap Kompol Sukirwan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Awaludin Muri, Kepala BPN Cilacap Yuli Mardiyono, Kepala Satpol PP Yuliaman Sutrisno, Kepala Basarnas Cilacap I Nyoman Sidakarya, Pimpinan BUMN dan stakeholder.

Kegiatan tersebut juga diikuti ribuan personel gabungan dari jajaran Kodim 0703/Cilacap, Polres Cilacap, Pemkab Cilacap, Basarnas, komponen masyarakat, Pemuda Pancasila, aktivis pecinta lingkungan, mahasiswa, pramuka dan pelajar. Dandim 0703/Cilacap, Letkol Inf Wahyo Yuniartoto, SE, M.Tr (Han) mengatakan, pemanasan global masih menjadi isu yang paling populer dan sangat familiar di telinga masyarakat karena dampak yang dapat ditimbulkan bagi kehidupan umat manusia.

Hal ini menumbuhkan kepedulian manusia untuk melakukan berbagai cara guna mengatasi dampak dari pemanasan global. Salah satunya yang dilakukan adalah dengan menanam pohon. "Menanam pohon sangat penting karena berdampak positif bagi kelestarian alam dan keberlangsungan hidup anak cucu sebagai generasi penerus yang hidup di masa mendatang," katanya.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian alam, Kodim 0703/Cilacap melaksanakan program penghijauan dengan menanam 2.500 bibit pohon kelapa yang ditanam secara serentak di wilayah pesisir Pantai Selatan. Ada beberapa titik lokasi yang ditanami bibit pohon kelapa yaitu pesisir Pantai Jetis, Pantai Widarapayung, Pantai Adipala dan Pantai Teluk Penyu Cilacap.

Menurut Dandim Letkol Inf Wahyo Yuniartoto, upaya penanaman pohon penghijauan di lahan-lahan kosong ini dilakukan sekaligus untuk menyosialisasikan kepada masyarakat agar masyarakat tetap menjaga keindahan alam dengan menanam pohon di setiap lahan yang kosong. Hal itu sesuai teman yang diangkat dalam kegiatan penanaman pohon kelapa ini yaitu "Bersama Hijaukan Bumi Indonesia untuk Generasi Penerus".

Dikatakan, program penghijauan Kodim 0703/Cilacap ini merupakan wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. Pohon kelapa dipilih untuk penghijauan kali ini karena sesuai dengan tipologi wilayah pesisir pantai/


(Agus Sukaryanto/CN26/SM Network)