• KANAL BERITA

Penghijauan Bibit Buah untuk Tingkatkan Ekonomi Warga

TANAM : Sejumlah anggota TNI saat melakukan penanaman pohon. (SM/Beni Dewa)
TANAM : Sejumlah anggota TNI saat melakukan penanaman pohon. (SM/Beni Dewa)

PATI, suaramerdeka.com – Gerakan penanaman dan penghijauan kembali lahan kosong dengan menanam bibit buah bukan hanya untuk menjaga kelestarian lingkungan melainkan untuk meningkatkan perekonomian warga.

Tren gerakan penanaman pohon buah tampak meningkat. Selain Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), anggota Kodim 0718/Pati turut melakukan penghijauan di lapangan tembak Sirwendo Desa Wangunrejo, Kecamatan Margorejo.

Setidaknya 300 bibit ditanam di lokasi tersebut. Mulai bibit pohon mangga, alpukat, jambu air, hingga jeruk pamelo. Selain itu juga ada tanaman keras seperti akasia, ketapang dan trembesi.

Dandim 0718/Pati Letkol Czi Adi Ilham Zamani mengatakan, pihaknya menggencarkan gerakan penghijauan lantaran begitu penting dalam menjaga kelestarian lingkungan. Selain itu dengan pemilahan bibit buah, maka diyakini bisa meningkatkan nilai ekonomi.

‘’Setidaknya kualitas udara akan semakin membaik, karena oksigen yang dihasilkan dari proses fotosintesis dari pohon tersebut dapat menyerap karbondioksida,’’ ujarnya.

Apalagi kualitas udara sekarang ini sangat buruk sebagai dampak banyaknya asap knalpot dari pembakaran mesin dan dampak dari asap cerobong pabrik.

‘’Kebetulan di musim penghujan sekarang ini menjadi waktu yang tepat untuk melaksanakan penanaman pohon. Kami berharap dengan penanaman pohon ini dapat bermanfaat dan dirasakan dampak positifnya. Terutama dalam membantu mencegah bencana alam seperti banjir dan tanah longsor,’’ ujarnya.

Sebelumnya BNPB turut memberikan bantuan berupa 5 ribu bibit aren yang ditanam di kawasan pegunungan kendeng. Pemberian bibit itu sesuai dengan janji Kepala BNPB Doni Monardo saat kunjungan ke Pati beberapa waktu lalu.

Rencananya penanamann pohon itu akan difokuskan di Pegunungan Kendeng, di Desa Karangawen, Kecamatan Tambakromo dan Desa Brati, Kecamatan Kayen. Pohon aren memiliki manfaat ekologi dan ekonomi.

Secara ekologi, pohon aren dapat menahan tanah dan mampu menyimpan air. Maka sangat tepat apabila ditanam di wilayah pegunungan kendeng. Sedangkan nira aren bisa diolah menjadi gula aren yang mempunyai nilai jual tinggi. Buahnya pun dapat dikonsumsi dan bahan campuran minuman.


(Beni Dewa/CN39/SM Network)