• KANAL BERITA

Ketua DPRD: Saya Harap Lembaga DPRD Lebih Modern

MENJALANI TUGAS : Ketua DPRD Kabupaten Batang, Maulana Yusuf (kiri) ketika menjalani tugasnya sebagai ketua DPRD menerima audiensi dari jajaran KPU Kabupaten Batang. (suaramerdeka.com/Agus Setiawan)
MENJALANI TUGAS : Ketua DPRD Kabupaten Batang, Maulana Yusuf (kiri) ketika menjalani tugasnya sebagai ketua DPRD menerima audiensi dari jajaran KPU Kabupaten Batang. (suaramerdeka.com/Agus Setiawan)

BATANG, suaramerdeka.com - Setelah dilantik sebagai pimpinan DPRD Kabupaten Batang dengan jabatan ketua. Maulana Yusuf politisi milenial dari Fraksi PKB mengharapkan parlemen atau lembaga DPRD selama periode kepimpinannya lebih moderen.

Sebagaimana diketahui, Maulana Yusuf dilantik sebagai pimpinan DPRD Kabupaten Batang bersama tiga pimpinan lainnya pada  Selasa (24/9/ 2019) untuk masa jabatan masa jabatan 2019-2024.

Adapun jabatan Maulana Yusuf dari PKB sebagai Ketua DPRD, Junaenah dari PDI Perjuangan sebagai Wakil Ketua, Nur Untung Slamet dari Golkar sebagai Wakil Ketua, dan Nur Faizin dari PPP sebagai Wakil Ketua.

"Sejak awal dilantik memang saya menginginkan ada perubahan DPRD periode lalu dengan periode sekarang. Perbedaan itu baik dari sisi perangkat, teknologi atau alat yang digunakan untuk membuka ruang komunikasi dengan masyarakat serta keterbukaannya, karena DPRD adalah representasi perwakilan rakyat," jelas dia, Rabu (22/1).

"Sebetulnya saya menginginkan DPRD Kabupaten Batang lebih moderen dengan membuka ruang seluas-luasnya terhadap aduan dari masyarakat. Jadi DPRD Kabupaten Batang betul-betul memfungsikan lembaga DPRD sebagai lembaga wakil rakyat. Ruang aduan itu menjadi sarana menjembatani komunikasi masyarakat dengan DPRD dan pemerintah daerah," sambungnya.

Kemudian, lanjut dia, secara tugas pokok fungsi sesuai peraturan yang ada. Ada beberapa kanal atau sarana komunikasi yang digunakan Anggota DPRD, yaitu forum reses.

Dalam forum reses tersebut, Anggota DPRD turun ke daerah pemilihan dengan mengundang para konstituennya serta menjaring aspirasi dari mereka.

Meski begitu, sesuai dengan tugas pokok fungsinya sebagai Anggota DPRD adalah melakukan pengawasan, membuat peraturan daerah dan menyusun anggaran. Maka, DPRD Kabupaten Batang dibutuhkan dukungan semua pihak termasuk masukan dari masyarakat. Untuk itu, peran masyarakat dibutuhkan.


(Agus Setiawan/CN39/SM Network)