• KANAL BERITA

Pertama Kali, Airbus Demonstrasikan Kemampuan Lepas Landas Otomatis

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

TOULOUSE, suaramerdeka.com – Pesawat uji coba Airbus telah sukses melakukan lepas landas secara otomatis dengan panduan sistem yang berbasis penglihatan di bandar udara Toulouse-Blagnac, Prancis. Awak uji coba tersebut terdiri dari dua pilot, dua teknisi penerbangan uji coba, dan satu teknisi penerbangan.

Mereka lepas landas untuk pertama kalinya sekitar pada 18 Desember pukul 10.15 pagi waktu setempat, dan melaksanakan delapan rangkaian lepas landas dalam kurun waktu empat setengah jam.

"Pesawat beroperasi seperti yang diharapkan dalam rangkaian uji coba ini. Selagi menyelaraskan pesawat pada landasan pacu, dan menunggu izin lepas landas dari pemandu lalu lintas udara, kami menyalakan sistem kendali otomatis (auto-pilot)," jelas Pilot Uji Coba Airbus Kapten Yann Beaufils.

"Kami menggerakkan tuas daya mesin (throttle) ke posisi lepas landas, dan kami memantau kerja pesawat. Pesawat mulai bergerak dan meningkatkan kecepatan secara otomatis, selagi mempertahankan posisi di tengah garis landasan pacu, pada kecepatan rotasi yang tepat sesuai kecepatan yang kami tentukan ke dalam sistem kendali. Hidung pesawat mulai terangkat secara otomatis menuju sudut lepas landas yang diharapkan, dan beberapa detik kemudian kami sudah mengudara."  

Sistem pendaratan pesawat konvensional yang mayoritas digunakan saat ini umumnya mengandalkan Instrument Landing Sistem (ILS). Adapun sistem lepas landas otomatis yang diuji coba Airbus ini mengandalkan teknologi pengenalan gambar yang terpasang langsung pada pesawat.


(Andika Primasiwi/CN26/SM Network)