• KANAL BERITA

Lokasi Parkir Jalan Slamet Riyadi Ditiadakan

Sejumlah mobil diparkir di sisi utara Jalan Slamet Riyadi, Selasa (21/1). (suaramerdeka.com/Agustinus Ariawan)
Sejumlah mobil diparkir di sisi utara Jalan Slamet Riyadi, Selasa (21/1). (suaramerdeka.com/Agustinus Ariawan)

SOLO, suaramerdeka.com - Pemkot Surakarta berencana meniadakan lokasi parkir tepi jalan (on street) di sisi utara Jalan Slamet Riyadi. Khususnya di segmen bundaran Purwosari-persimpangan Purwosari, menyusul rencana pembangunan jalan layang Purwosari.

Saat proyek berlangsung mulai awal Febuari mendatang, ruas jalan tersebut akan terdampak aktivitas pembangunan jalan layang Purwosari. Sehingga tidak memungkinkan untuk area parkir.

"Nantinya di lokasi tersebut akan dipasang pagar pengaman proyek, sementara jalur lambat di sisi utara akan digunakan sebagai akses kendaraan. Selama ini parkir on street di lokasi itu terkonsentrasi di sisi utara jalur cepat," kata Kabid Perparkiran Dinas Perhubungan (Dishub), Henry Satya Nagara, Selasa (21/1).

Sementara di sisi selatan Jalan Slamet Riyadi, tidak memungkinkan digunakan sebagai area parkir kendaraan. Selama ini aktivitas parkir di lokasi tersebut diarahkan ke area parkir off street yang berada di kawasan pertokoan.

"Nanti akan disediakan kantong parkir pengganti, di ujung timur pagar pembatas proyek. Namun lokasi parkir itu rencananya dikhususkan untuk masyarakat akan menuju ke lokasi usaha di sisi utara," terangnya.

Henry mengatakan penghapusan area parkir on street tersebut bisa meniadakan 40 satuan ruang parkir (SRP) untuk kendaraan roda empat.

"Kami juga bermaksud menata ulang area parkir di Jalan Honggowongso, karena arus kendaraan di ruas jalan itu akan dijadikan dua arah. Terutama dari persimpangan Ngapeman hingga persimpangan Pasar Kembang," terang dia.

Penataan ulang yang dilakukan terhadap area parkir kendaraan roda empat di sisi timur jalan, dengan mengurangi sudut kemiringan kendaraan. "Saat ini sudut kemiringannya 60 derajat, nantinya akan diubah menjadi nol derajat," jelas Henry.

Menurutnya, penataan ulang lokasi parkir on street di Jalan Honggowongso diperlukan guna menambah kapasitas ruas jalan. "Saat ini di sana ada 50 SRP yang nantinya bisa berkurang hingga 70 persen," ujarnya.

Penataan itu akan dilakukan bersamaan dengan penutupan perlintasan sebidang Purwosari, serta pemberlakuan manajemen rekayasa lalu lintas (MRLL) di sejumlah ruas jalan pada awal Februari. "Saat ini kami terus mematangkan rencana tersebut," tegas Henry.

Terpisah, Kepala Dishub Hari Prihatno mengatakan, Pemkot tetap mengupayakan aktivitas publik di lokasi usaha dan sekolahan di sekitar lokasi proyek tidak begitu terganggu. "Penataan lalu lintas di sekitar perlintasan sebidang juga diberlakukan bertahap sesuai kebutuhan proyek," kata dia.


(Agustinus Ariawan/CN40/SM Network)