• KANAL BERITA

Bantuan Masih Belum Tepat Sasaran

Dibutuhkan Update Basis Data Terpadu

Foto Istimewa
Foto Istimewa

BATANG, suaramerdeka.com - Bantuan dari pemerintah pusat untuk keluarga tak mampu masih banyak ditemui belum tepat sasaran. Data warga tidak mampu di Kabupaten Batang belum banyak mengalami perubahan.

 

Wakil Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Batang, Nasikhin dalam kegiatan jaring aspirasinya, baru-baru ini, menghasilkan beberapa temuan persoalan. Di antaranya mengenai belum adanya data warga miskin yang semestinya mendapatkan bantuan justru tak memperolehnya. Justru kebalikannya, warga yang secara ekonomi cukup mampu masih mendapatkan bantuan.

"Bantuan dari pemerintah pusat untuk warga miskin di Kabupaten Batang banyak yang masih belum tepat sasaran.
Banyak warga yang ekonominya baik malah mendapatkan bantuan, demikian sebaliknya warga miskin justru tidak mendapatkan bantuan," kata Wakil Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Batang, Nasikhin.

Adapun penyebab dari permasalahan tersebut di antaranya data dari pemerintah pusat dari awal pendataan sampai sekarang belum ada perbaikkan. Kemudian pemerintah baik pemda maupun Pemdes tidak berani mengalihkan bantuan yang diterima oleh warga secara ekonomi baik dialihkan kepada warga tidak mampu.

Mengenai masalah tersebut, Nasikhin, memberikan masukan atau solusi atas persoalan itu. Pertama Pemkab Batang harus hadir untuk mengevaluasi persoalan tersebut agar tidak terjadi permasalahan di tengah-tengah masyarakat.

Kemudian pusat kesejahteraan sosial di tiap desa/kelurahan harus bisa mengakomodir masyarakat yang memang layak mendapatkan bantuan. "Meski data itu langsung dari pusat, namun kewjiban eksekutif dan legislatif untuk bisa mmperjuangkn hak-hak warga miskin,agar bantuan bisa benar-benar tepat sasaran," tandasnya.

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat serta meminta kesediaan dan kesadaran yang sudah merasa mampu untuk secara sukarela mengalihkan bantuan yang diperoleh kepada warga yang tidak mampu secara ekonomi dan memang layak memperoleh bantuan dari pemerintah

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Batang, Joko ketika dikonfirmasi menyampaikan, dinasnya telah melatih petugas baik di desa maupun kelurahan untuk melakukan validasi data terpadu tersebut.

Kemudian, ia menekankan apabila, masyarakat menemukan ada warga yang mampu namun masih mendapatkan bantuan langsung catat nama dan alamatnya serta dilaporkan ke Dinas Sosial Kabupaten Batang. Laporan tersebut akan segera ditindaklanjuti.

"Usulan basis data terpadu itu berada di desa dan kelurahan. Namun hal itu harus melalui musyawarah desa atau musyawarah kelurahan," katanya.


(Agus Setiawan/CN19/SM Network)