• KANAL BERITA

Koalisi Lima Parpol Buka Pendaftaran Bakal Cabup-Cawabup Kebumen

PENDAFTARAN CALON: Ketua Sekber Koalisi Parpol Kebumen Lebih Baik 2020 Ir Darwansyah HS didampingi pengurus sekber saat menyampaikan pengumuman pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati di Posko Sekber Jalan Kapten Piere Tendean 57 Kebumen, Minggu (19/1).
PENDAFTARAN CALON: Ketua Sekber Koalisi Parpol Kebumen Lebih Baik 2020 Ir Darwansyah HS didampingi pengurus sekber saat menyampaikan pengumuman pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati di Posko Sekber Jalan Kapten Piere Tendean 57 Kebumen, Minggu (19/1).

KEBUMEN, suaramerdeka.com - Setelah melakukan deklarasi dan membentuk sekretariat bersama (Sekber), koalisi lima partai politik (Parpo) "Kebumen Lebih Baik Tahun 2020" melalui Sekber membuka Pendaftaran Bakal Calon Bupati/Wakil Bupati Kebumen pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020.   

Ketua Sekber Koalisi Parpol Kebumen Lebih Baik 2020 Ir Darwansyah HS menjelaskan, pendaftaran ini bersifat terbuka untuk umum. Masyarakat Kebumen mempunyai kesempatan sama sepanjang memenuhi persyaratan sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku dan aturan partai koalisi Kebumen Lebih Baik.

Pengambilan berkas bakal calon bupati/wakil bupati dimulai Senin (20/1) sampai dengan Kamis (6/2) setiap hari kerja dimulai pukul 09.30 sampai 15.30 di Posko Sekber Jalan Kapten Piere Tendean 57 Kebumen. Sedangka pengembalian berkas/formulir bakal calon dimulai Jumat (7/2)  sampai dengan Sabtu (29/2) setiap hari kerja dimulai pukul 09.30 -15.30.

"Terkecuali hari Sabtu, 29 Februari 2020 pengembalian sampai pukul 24.00," ujar Darwansyah Sekretaris Sekber Bangun Widyantoro STP dan Wahid Mulyadi AMd kepada wartawan, Minggu (19/1).

Adapun khusus pengambilan berkas dapat diwakilkan oleh utusan dengan membawa surat kuasa bermaterai. Akan tetapi pada saat pengembalian berkas bakal calon wajib datang sendiri dan tidak diwakilkan.

Syarat Pendaftaran

Sementara itu, persyaratan sebagaimana yang telah ditetapkan Partai Koalisi Kebumen Lebih Baik, adalah; mengisi Formulir yang telah disediakan oleh tim Sekber dengan melampirkan surat pendaftaran ke Pimpinan Partai Koalisi Kebumen Lebih Baik, foto copy KTP Elektronik.

Kemudian foto copy ijasah terakhir minimal SLTA/sederajat yang telah dilegelisir oleh pejabat yang berwewenang, foto copy NPWP pribadi, daftar riwayat hidup, pas foto berwarna terbaru ukuran 4x6 cm sebanyak empat  lembar, surat pernyataan kesediaan menjadi bakal calon bupati/wakil bupati.

"Calon juga melampirkan ringkasan visi dan misi bakal calon bupati/wakil bupati," ujar Darwansyah menambahkan informasi bisa menghubungi 081227992523 (ketua), 082217373929 (sekretaris).

Koalisi lima parpol yakni Partai Golkar, PPP, Gerindra, PAN dan PKB yang memiliki 29 kursi parlemen dideklarasikan Senin, 13 Januari 2020. Wahid Mulyadi dari PPP mengatakan, koalisi ini terbentuk tidak sama sekali memiliki kecenderungan kepada salah satu calon. Akan tetapi, koalisi akan memiliki visi-misi bersama yang menjadi acuan. Nantinya kandidat yang sejalan dengan koalisi dan diterima kelima parpol akan direkomendasi.

"Bukan partai yang menyesuaikan calon, tetapi calon menyesuaikan partai koalisi," ungkapnya Wahid Mulyadi.


(Supriyanto/CN34/SM Network)