• KANAL BERITA

Belum Ada Vaksin untuk Cegah Pneumonia Tiongkok

Foto: istimewa
Foto: istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com -  Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) DR. Dr. Agus Dwi Susanto, Sp.P(K), FISR, FAPSR menegaskan, Saat ini WHO masih terus melakukan pengamatan. Terdapat beberapa vaksin pneumonia yang ditujukan untuk mencegah pneumonia. "Namun tidak bisa mencegah pneumonia yang sedang outbreak saat ini," tegasnya.

Beberapa vaksin antara lain Vaksin Pneumokokus (atau PCV : Pneumococcal Conjugate Vaccine), yang memberikan kekebalan terhadap 13 strain bakteri Streptococcus pneumoniae, yang paling sering menyebabkan penyakit pneumokokus pada manusia.

 Masa perlindungan sekitar 3 tahun. Vaksin PCV13 utamanya ditujukan kepada bayi dan anak di bawah usia dua tahun. "Kemudian Vaksin Pneumokokus PPSV23, yang memberikan proteksi terhadap 23 strain bakteri pneumokokus," ucapnya.

Baca juga: Soal Pneumonia Tiongkok, Masyarakat Diimbau Tak Panik

Vaksin PPSV23 ditujukan kepada kelompok umur yang lebih dewasa. Mereka adalah orang dewasa usia 65 tahun ke atas, atau usia 2 hingga 64 tahun dengan kondisi khusus. "Vaksin Hib Di negara berkembang, bakteri Haemophilus influenzae type B (Hib) merupakan penyebab pneumonia dan radang otak (meningitis) yang utama. Di Indonesia, vaksinasi Hib telah masuk dalam program nasional imunisasi untuk bayi," ungkapnya.

Dia menambahkan, beberapa coronavirus diketahui beredar di peredaran darah hewan. Gejala yang muncul pada pneumonia ini diantaranya demam, lemas, batuk kering dan sesak atau kesulitan bernafas. "Beberapa kondisi ditemukan lebih berat. Pada orang dengan lanjut usia atau memiliki penyakit penyerta lain, memiliki risiko lebih tinggi untuk memperberat kondisi," katanya.

Dikatakan, metode transmisi dan masa inkubasi belum diketahui. Berdasarkan investigasi beberapa institusi di Wuhan, Tiongkok, sebagian kasus terjadi pada orang yang bekerja di pasar ikan. "Akan tetapi belum ada bukti yang menunjukkan penularan dari manusia ke manusia," tukasnya.


(Saktia Andri Susilo/CN26/SM Network)