• KANAL BERITA

Benahi Perusda Aneka Usaha, Pegawai Diseleksi Ulang

WISATA  EDUPARK : Pengunjung menikmati wahana kolam renang di Objek Wisata Edupark yang dikelola Perusda Aneka Usaha, beberapa waktu lalu.  (suaramerdeka.com / Irfan Salafudin)
WISATA EDUPARK : Pengunjung menikmati wahana kolam renang di Objek Wisata Edupark yang dikelola Perusda Aneka Usaha, beberapa waktu lalu. (suaramerdeka.com / Irfan Salafudin)

KARANGANYAR, suaramerdeka.com – Manajemen Perusahaan Umum Daerah (Perusda) Aneka Usaha mulai melakukan pembenahan dan penataan antara lain dengan menyeleksi ulang pegawai yang ditarget rampung akhir bulan ini. Pembenahan internal di perusahaan milik Pemkab Karanganyar menyusul pelantikan direktur baru pada Desember 2019. Penyegaran organisasi untuk meningkatkan kinerja, sehingga perusahaan tersebut bisa memenuhi target kenaikan pendapatan tahun ini.

Direktur Perusda Aneka Usaha Samidi mengatakan, perbaikan menyeluruh di semua sektor dilakukan sebagai upaya perbaikan kinerja perusahaan yang mengelola objek wisata Edupark tersebut. "Kami ditarget menyelesaikan seleksi ulang pegawai pada akhir Januari 2020. Ada 29 pegawai yang diseleksi ulang. Status mereka ada yang honorer, ada yang pegawai tetap," katanya, Jumat (17/1).

Dari seleksi ulang tersebut, diharapkan diperoleh personel sesuai kebutuhan perusahaan, dengan penempatan sesuai kemampuan. Proses seleksi dan penempatan melalui tahapan assessment (penilaian).

Apakah akan ada rasionalisasi jumlah pegawai? Samidi mengatakan, tak akan buru-buru berspekulasi.  "Yang jelas, dari seleksi ulang ini, diharapkan diperoleh personel terbaik yang akan mendorong kinerja Perusda Aneka Usaha menjadi lebih baik," tandasnya.

Dia menambahkan, selama proses pembenahan internal, pihaknya belum akan membuat program promosi untuk mendongkrak jumlah pengunjung ke objek wisata yang dikelola. "Sementara ini fokus ke pembenahan internal dulu. Sebab ditarget secepatnya selesai," imbuhnya.

Samidi diangkat menjadi Direktur Perusda Aneka Usaha pada Desember 2019 lalu. Jabatan direktur sebelumnya dipegang pelaksana tugas (Plt) yakni Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Titis Sri Jawoto. Titis menjadi Plt direktur, setelah dua direktur sebelumnya mengundurkan diri karena kinerjanya kurang maksimal.

Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan Supramnaryo mengatakan, penyegaran organisasi di Perusda Aneka Usaha untuk meningkatkan kinerja, sehingga perusahaan tersebut bisa memenuhi target kenaikan pendapatan tahun ini.

"Tahun 2019 lalu, Perusda Aneka Usaha bisa setor ke pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp 327 juta. Ke depan, aset Pemkab Karanganyar di lahan Edupark akan segera diserahkan menjadi aset milik Perusda, untuk memudahkan pengembangan usaha," katanya.


(Irfan Salafudin/CN26/SM Network)