• KANAL BERITA

Progres Tiga Proyek Besar Lampaui Target

MELAMPAUI TARGET: Progres pembangunan gedung DPRD melampaui target. (suaramerdeka.com/Ali Basarah)
MELAMPAUI TARGET: Progres pembangunan gedung DPRD melampaui target. (suaramerdeka.com/Ali Basarah)

PEMALANG, suaramerdeka.com – Progres pembangunan sejumlah proyek fisik dengan sistem anggaran tahun jamak pada awal tahun ini melampaui target.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUTR), Sudaryono mengatakan tiga proyek fisik yang melampaui target pengerjaan, antara lain pembangunan gedung DPRD dari target 2,5 persen pada awal tahun ini bisa terlampaui hingga 7,5 persen.

Selanjutnya, pembangunan Stadion Mochtar dari target 40 persen juga saat ini sudah menginjak 60 persen. Yang lain proyek Masjid Agung pada akhir tahun dari target 40persen telah terlampaui.

Sudaryono menyebut progres positip tersebut disebabkan faktor kualitas manajemen oleh rekanan sehingga pelaksanaan di lapangan bisa maksimal. Selain itu, adanya pengawasan melekat terhadap pengerjaan konstruksi.

"Pihak rekanan pelaksana telah menerapkan pola kerja secara profesional, sehingga masing-masing pekerjaan bisa berjalan sesuai dengan proyeksinya," kata dia, Jumat (17/1).

Sementara itu meskipun tiga proyek bernilai ratusan miliar tersebut sudah melampaui target pekerjaan, Pemkab tidak boleh lengah, mengingat tahun ini merupakan tahun terakhir proyek tahun jamak tersebut sehingga harus selesai benar-benar 100 persen.

Pada tahun 2018-2019 sejumlah proyek besar di Kabupaten Pemalang mengalami kendala pada proses lelang sehingga harus dilelang ulang. Salah satunya lantaran tidak ada rekanan memenuhi syarat, akibatnya masa pengerjaan proyek berkurang.


(Ali Basarah/CN39/SM Network)