• KANAL BERITA

Pintu Sungai Rombong Tertutup Sampah

DIBERSIHKAN: Pintu Sungai Rombong dibersihkan dari tumpukan sampah. (suaramerdeka.com/Septina Nafiyanti)
DIBERSIHKAN: Pintu Sungai Rombong dibersihkan dari tumpukan sampah. (suaramerdeka.com/Septina Nafiyanti)

JEAPARA, suaramerdeka.com - Pintu irigasi Sungai Rombong, di Desa Mayong Kidul, Kecamatan Mayong tertutup tumpukan sampah kiriman dari berbagai daerah aliran sungai tersebut. Sampah berton-ton ini akhirnya dibersihkan Jumat (17/1).

Kepala Desa Mayong Kidul, Buono  mengatakan, sampah itu menumpuk sejak awal musim hujan air awal tahun ini. Sampah itu mayoritas berasal dari sampah rumah tangga.

''Warga di sepanjang aliran sungai masih banyak yang membuang sampah ke sungai, akibatnya sampah ikut meluap jika air sungai penuh dan membuat mampet di pintu air,'' katanya.

Sejumlah elemen masyarakat kerja bakti membersihkan pintu Sungai Rombong itu. Pembersihan sungai melibatkan anggota Koramil 05/Mayong, Bhabinkamtibmas, perangkat desa Mayong Kidul, mahasiswa KKN, serta warga masyarakat.

Sampah yang berhasil dikumpulkan mencapai lima bak kendaraan roda tiga tossa. Akses saluran air di pintu Sungai Rombong saat ini sudah lebih lancar.  ''Dengan kegiatan ini, bahaya banjir di area.persawahan dan permukiman dapat dicegah,'' kata Kades.

Babinsa Koramil 05 Mayong Pelda Sukirman mengatakan, kondisi pintu irigasi Sungai Rombong memprihatinkan. Tumpukan sampah rumah tangga memenuhi pintu air tersebut akibat ulah warga masyarakat.

''Sebelumnya kami sudah memantau dan akhirnya kami gerakkan untuk bersih sungai, karena ini mengkhawatirkan akan meluap, sehingga terjadi banjir,'' katanya.


(Septina Nafiyanti/CN39/SM Network)