• KANAL BERITA

Rute BST Dialihkan, Disiapkan Bus Pengumpan

BST: Bus Batik Solo Trans (BST) melintas di di bundaran Purwosari. (suaramerdeka.com/Dok)
BST: Bus Batik Solo Trans (BST) melintas di di bundaran Purwosari. (suaramerdeka.com/Dok)

SOLO, suaramerdeka.com - Manajemen PT Bengawan Solo Trans menyiapkan bus pengumpan (shuttle) menyusul rencana pengalihan rute bus Batik Solo Trans (BST) Koridor 1 dan 2, selama pembangunan jalan layang Purwosari.

Bus tersebut akan melayani calon penumpang BST yang hendak melanjutkan perjalanan dari selter di depan Stasiun Solo Purwosari. "Shuttle itu akan mengantarkan penumpang dari Purwosari ke selter Gendengan," kata Direktur PT Bengawan Solo Trans, Sri Sadadmojo, Jumat (17/1).

Bus pengumpan itu diperlukan lantaran akses calon penumpang BST Koridor 1 dan 2 dari kedua titik terputus akibat penutupan perlintasan sebidang Purwosari.

"BST Koridor 1 dan 2 biasanya melintas di depan Stasiun Purwosari. Kalau rutenya jadi melingkar lewat Jalan Ahmad Yani dan Jalan Dr Moewardi, tentu ada kekosongan jarak. Makanya untuk menutup kekosongan itu, kami mengoperasikan bus shuttle."

Sadad meyakinkan, operasional bus pengumpan itu tidak akan mengurangi pelayanan BST kepada penumpang reguler. Sebab kendaraan itu menggunakan bus cadangan.

"Dalam tahap awal akan dijalankan satu armada dulu. Kalau nantinya perlu ditambah, ya akan kami operasikan dua bus," katanya. Rencananya bus pengumpan beroperasi mulai pukul 05.00-18.00.

Rute bus Stasiun Solo Purwosari-Gendengan-Jalan Bhayangkara-Penumping-Jalan Kebangkitan Nasional-Jalan Dr Wahidin-Jalan Slamet Riyadi-Jalan Perintis Kemerdekaan-Jalan KH Samanhudi-Jalan Agus Salim-Stasiun Solo Purwosari.  "Tarifnya flat sesuai tarif pelajar, yakni Rp 2.000," urai Sadad.

Kabid Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Surakarta, Taufiq Muhammad, berharap operasional bus pengumpan itu bisa menjadi solusi bagi calon penumpang BST. Terutama bagi penumpang kereta api (KA) yang hendak menuju pusat Kota Solo dan wilayah lain dari Stasiun Solo Purwosari.


(Agustinus Ariawan/CN39/SM Network)