• KANAL BERITA

Bahu Jalan Purwokerto-Maitan Longsor, Akses Mobil Dialihkan

PANTAU: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati memantau lokasi jalan longsor. (suaramerdeka.com/Dok)
PANTAU: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati memantau lokasi jalan longsor. (suaramerdeka.com/Dok)

PATI, suaramerdeka.com - Bahu jalan utama Desa Purwokerto -Maitan longsor menyusul intensitas hujan tinggi pada Kamis (16/1). Lanaran kondisi jalan membahayakan, akses jalan untuk kendaraan roda empat, sementara dialihkan.

Garis polisi terpasang di lokasi bahu jalan yang terkikis akibat longsor dengan kedalaman lebih dari 10 meter tersebut. Hanya roda dua diperbolehkan melintas. Sementara untuk kendaraan roda empat dialihkan dari Pakis untuk menuju jalan Dukuh Gayam tembus ke Dukuh Sendang, Desa Beketel.

Akses jalan yang longsor tersebut merupakan penghubung antardesa dan antarkecamatan. ‘’Roda empat dilarang lantaran tanahnya masih labil. Oleh karenanya sementara ini hanya roda dua yang diperbolehkan lewat,’’ kata Kepala BPBD Kabupaten Pati Martinus Budi Prasetyo.

Pengalihan jalur kendaraan roda empat itu untuk mengantisipasi kecelakaan. Untuk penangnan pada Jumat (17/1) dilakukan kerja bakti pembuatan tiang pancang menggunakan bambu untuk penimbunan tidak jadi dilakukan.

‘’Karena kondisi longsor sangat dalam lebih dari 10 meter. Oleh karena itu akhirnya diupayakan pelebaran jalan di bagian baratnya,’’ katanya.

BPBD terus memantau kondisi longsoran tersebut. Pihaknya mengimbau agar masyarakat berhati-hati saat melintasi lokasi jalan yang mengalami longsor tersebut.


(Beni Dewa/CN39/SM Network)