• KANAL BERITA

KPU Buka Tahapan Seleksi PPK

INSERT: Ketua Bawaslu Kabupaten Semarang, M Talkhis. (suaramerdeka.com/Dok)
INSERT: Ketua Bawaslu Kabupaten Semarang, M Talkhis. (suaramerdeka.com/Dok)

UNGARAN, suaramerdeka.com - KPU Kabupaten Semarang membuka tahapan seleksi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Semarang 2020. Masa pendaftaran, dibuka mulai 15 Januari 2020 sampai 14 Februari 2020.

“Kita sudah mengumumkan serentak di Kabupaten Semarang, melalui portal resmi KPU, radio, hingga menempel pengumuman di seluruh kecamatan sejak 15-17 Januari 2020 kemarin,” kata Ketua KPU Kabupaten Semarang, Maskup Asyadi, Jumat (17/1).

Sedangkan penerimaan berkas, akan dilayani mulai 18 Januari 2020 hingga 24 Januari 2020. Adapun seleksi tertulisnya, dilaksanakan setelah seleksi administrasi. Pelaksanaan seleksi tertulis rencananya hendak digelar terbuka di Gedung PP PAUD Dikmas Jawa Tengah, di Ungaran pada 30 Januari 2020.

“Kami mengundang seluruh warga masyarakat yang memenuhi persyaratan untuk menjadi anggota PPK. Tes tertulis, materinya tentang kepemiluan, UU Pilkada, kewilayahan, dan tugas pokok fungsi PPK,” ujarnya.

Ketika ditanya kebutuhan anggota PPK di setiap kecamatan, Maskup menjawab, jumlah yang dibutuhkan adalah 5 orang/kecamatan. Mereka, nantinya bakal dibantu tiga orang petugas kesekretariatan.

Seluruh persyaratan dan formulir pendaftaran anggota PPK, tertuang serta dapat diunduh melalui laman https://www.kpu-semarangkab.go.id/. Dimana pada laman itu juga ada Pengumuman KPU Kabupaten Semarang Nomor 47/PP.04.2-Pu/3322/KPU-Kab/I/2020 tentang Seleksi Calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Semarang Tahun 2020.

“Seleksinya, kita sudah membentuk tim untuk membuat soal. Ada empat tipe soal agar calon anggota PPK tidak saling mencontek, soalnya dari KPU Kabupaten Semarang,” terang Maskup.

Sampai akhir pekan ini, KPU Kabupaten Semarang sudah menerima surat tugas dari bakal calon perseorangan. Setidaknya ada dua bakal calon yang ke KPU, atas nama David Sinduk warga Ambarawa dan Sajuri warga Tagaron, Banyubiru. Oleh KPU, keduanya sudah diberikan akun dalam rangka untuk memasukkan data pendukung melalui aplikasi Sistem Aplikasi Pencalonan (Silon).

Setelah diinput dan memenuhi persyaratan, salah satunya ada dukungan dan surat pernyataan dari pemilik 58.425 KTP elektronik yang tersebar pada minimal 10 kecamatan di Kabupaten Semarang nantinya berkas fisiknya bisa diserahkan ke Sekretariat KPU Kabupaten Semarang pada 19-23 Februari 2020.

“Ketika sudah memenuhi persyaratan jumlahnya, nanti akan kami hitung serta diverifikasi datanya,” papar dia.

Menyikapi tahapan tadi, Ketua Bawaslu Kabupaten Semarang, M Talkhis mengatakan, unsur Pimpinan Bawaslu Kabupaten Semarang sudah menginstruksikan petugas pengawas di tingkat kecamatan untuk ikut mengawasi rekrutmen PPK dan PPS. Prinsipnya, Bawaslu Kabupaten Semarang bakal fokus mengawasi kaitannya dengan syarat inti. Meliputi, usia minimal 17 tahun. Tidak menjadi anggota/pengurus partai politik, tidak pernah menjadi tim kampanye peserta pemilu/pemilihan, pendidikan minimal SMA/sedejarat. Kemudian belum pernah menjabat sebagai anggota PPK dua periode berturut-turut, berdomisili di wilayah kerja PPK, tidak berada dalam ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara pemilu, dan syarat tentang tidak pernah diberhentikan tetap oleh KPU atau DKPP.

“Demikian halnya dengan masyarakat, kalaupun menemukan indikasi dugaan pelanggaran bisa lapor ke pengawas kecamatan atau menghubungi Bawaslu Kabupaten Semarang di Sekretariat Jalan Purna Karya, Ungaran Timur,” kata M Talkhis.


(Ranin Agung/CN39/SM Network)