• KANAL BERITA

Warga Binaan Perempuan Rutan Jepara Diajari Merajut

 BERLATIH MERAJUT: Warga binaan perempuan Rutan Kelas IIB Jepara berlatih merajut bersama istri karyawan dan karyawati PLN Tanjung Jati B. (suaramerdeka.com/Septina Nafiyanti)
BERLATIH MERAJUT: Warga binaan perempuan Rutan Kelas IIB Jepara berlatih merajut bersama istri karyawan dan karyawati PLN Tanjung Jati B. (suaramerdeka.com/Septina Nafiyanti)

JEPARA, suaramerdeka.com - PLN Tanjung Jati B memberikan perhatian terhadap masa depan warga binaan di rumah tahanan (rutan) kelas IIB Jepara. Melalui program Corporate social responsibility (CSR) yang melibatkan persatuan istri karyawan dan karyawati, warga binaan perempuan ini diberikan pelatihan merajut.

Asisten Manajer CSR PLN Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B, Wahyu Mahaputra mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dari PLN Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B untuk memberikan bekal ketrampilan bagi warga binaan, sehingga ketika keluar dari rutan, bisa bekerja atau berbisnis sesuai kompetensinya.

Untuk tahap awal ini, kegiatan CSR melibatkan istri karyawan untuk memberikan pelatihan merajut.Selanjutnya, akan dilatih juga tata boga.

''Tidak hanya pelatihan, kami juga akan memfasilitasi izin sampai dengan pemasaran yang kami kerjasamakan dengan rumah kreatif BUMN,'' terangnya.

Kegiatan pembinaan ini akan terus dilanjutkan dalam jangka panjang. Rencananya, sebanyak 320 warga binaan akan dilibatkan. Ia meminta kepada pengelola rutan untuk memetakan minat dan bakat warga binaan. Pelatihan warga binaan ini disesuaikan dengan minat dan bakat, sehingga tepat sasaran dan waga binaan memperoleh skill yang bagus.

''Nanti akan kami cover pada program CSR dan bekerja sama juga dengan rumah kreatif BUMN,'' katanya.

Perwakilan dari Rumah Kreatif BUMN (RKB) Rizaldo Ardiansyah menyampaikan, RKB merupakan bagian dari upaya pemberdayaan ekonomi kerakyatan, khususnya bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah. Kementrian BUMN bersama perusahaan milik negara membangun Rumah Kreatif BUMN sebagai rumah bersama untuk berkumpul, belajar dan membina para pelaku UKM menjadi UKM Indonesia yang berkualitas.

''Rumah Kreatif BUMN akan mendampingi dan mendorong para pelaku UKM dalam menjawab tantangan utama pengembangan usaha UKM dalam hal Peningkatan kompetensi dan peningkatkan akses pemasaran. Nah, kami juga akan memfasilitasi warga binaan yang mendapatkan pelatihan melalui CSR PLN Tanjung Jati B,'' katanya.

Ketua Seksi Pendidikan Istri Karyawan dan Karyawati PLN Tanjung Jati B Nurisah Rustanti menyampaikan, pada pelatihan merajut ini, akan dilakukan pelatihan dengan enam mentor. Pelatihan dilaksanakan selama enam bulan dengan ritme dua kali dalam satu minggu.

''Kami memberikan pelatihan ini karena merajut tidak membutuhkan mesin besar dan mahal, tapi hanya ketrampilan. Nilai jual produknya juga tinggi,'' katanya.


(Septina Nafiyanti/CN39/SM Network)