• KANAL BERITA

DPU Pastikan 21 Pompa Siaga Berfungsi Baik

Foto: suaramerdeka.com/Dok
Foto: suaramerdeka.com/Dok

PEKALONGAN, suaramerdeka.com - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Kota Pekalongan menyiagakan sejumlah pompa air yang tersebar di 21 stasiun pompa atau rumah pompa. Pihaknya memastikan keseluruhan pompa berfungsi dengan baik

Di setiap stasiun pompa terdapat minimal satu pompa air untuk mengantisipasi banjir dan rob. ‘’Kami telah mempersiapkan pompa air sejak awal Desember lalu,’’ kata Kepala Bidang Sumber Daya Air DPU-PR Kota Pekalongan Khaerudin, Rabu (15/1).

 Setiap rumah pompa terdapat petugas piket berjaga selama 24 jam bekerja secara sif. Total ada 30 orang tenaga penjaga pompa air yang tersebar di 21 stasiun pompa. ‘’Ketika ada genangan atau terjadi keadaan darurat bisa langsung ditangani,’’ katanya.

Khaerudin menjelelaskan, rumah pompa tersebut dibangun sejak 2014 hingga 2018. Pada tahun 2019, ada penambahan rumah pompa di lima titik. Yakni Kelurahan Tirto, Jalan Sutan Syahrir dan Jalan Angkatan 66 (Kelurahan PasirKratonKramat), Jalan Jlamprang (Kelurahan Klego) dan di Kelurahan Panjang Baru.

Selain itu, ada pula Rumah Pompa Pabean yang di dalamnya ada dua unit pompa air dengan kapasitas masing-masing 2.000 liter per detik. Rumah Pompa Pabean merupakan bagian dari proyek Pengendalian Banjir dan Rob selain pembangunan tanggul dan long storage.

Khaerudin berharap, keberadaan pompa-pompa tersebut dapat membantu mengatasi genangan di Kota Pekalongan, terutama sisi barat Sungai Loji seperti Kelurahan Bandengan, Panjang Wetan, Kandang Panjang, Panjang Baru, Padukuhankraton dan Pasirkratonkramat.


(Isnawati/CN39/SM Network)