• KANAL BERITA

Parade Kebangsaan untuk Indonesia Maju

KOSTUM BUNGA: Salah satu kontingen karnaval parade kebangsaan menampilkan kostum bunga. (suaramerdeka.com/Rosyid Ridho)
KOSTUM BUNGA: Salah satu kontingen karnaval parade kebangsaan menampilkan kostum bunga. (suaramerdeka.com/Rosyid Ridho)

KENDAL, suaramerdeka.com – Sekitar 4.000 peserta mengikuti karnaval budaya yang digelar Kantor Kementerian Agama Kendal di Alun-alun Kendal, Rabu (15/1). Kegiatan yang dikemas dalam bentuk Parade Kebangsaan tersebut mengambil tema Rakyat Rukun, Indonesia Maju. 

Peserta karnaval sebanyak 60 kontingen lebih. Mereka merupakan lembaga yang berada di bawah naungan Kementerian Agama seperti MI, MTs, MA, KUA, dan pengadilan agama.

Peserta menampilkan beragam budaya bangsa termasuk pekerjaan sehari-hari, seperti pakaian adat dari berbagai daerah, petani, nelayan, KUA, hingga marching band dan lain sebagainya. Pawai dibuka Bupati Kendal Mirna Annisa yang ditandai dengan pelepasan rangkaian balon udara. 

Kepala Kementerian Agama Kendal, Saerozi, mengatakan, karnaval dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti ke-74 Kementerian Agama. Peserta parade menempuh jarak kurang lebih tiga kilometer dengan rute dari alun-alun ke Jalan Habibproyo-Jalan Pemuda hingga pertigaan Kodim Kendal.

Setelah itu ke timur menuju Jalan Soekarno Hatta dan kembali ke alun-alun. ‘’Kami ingin mengajak masyarakat, khususnya di Kabupaten Kendal, selalu hidup rukun untuk kemajuan bangsa Indonesia,’’ kata dia. 

Mirna Annisa mengapreasiasi parade kebangsaan tersebut. Dirinya berharap kegiatan itu mampu mempererat tali persaudaraan, sehingga tercipta kerukunan yang mempercepat pertumbuhan dan kemajuan, terutama dalam sektor lintas agama.

‘’Saya melihat masyarakat sangat antusiasme mengikuti karnaval ini. Semoga bisa mempererat tali persaudaraan di Kabupaten Kendal,’’ tuturnya.


(Rosyid Ridho/CN39/SM Network)