• KANAL BERITA

JK Dianugerahi Doktor Kehormatan dari ITB

Foto: istimewa
Foto: istimewa

BANDUNG, suaramerdeka.com - ITB menganugerahkan gelar doktor kehormatan kepada mantan Wapres, Jusuf Kalla di Bandung, Senin (13/1). Bagi Kalla, itu merupakan gelar doktor kehormatan ke-14 yang diperolehnya sejak 2007. Dalam orasinya, JK membabarkan sejumlah terobosannya selama menjabat. Terobosan-terobosan yang identik dengan jargon-jargonnya yang terkenal selama berkiprah yakni "lebih cepat lebih baik," kata dia.

Gebrakan-gebrakan itu di antaranya menjadikan perusahaannya, Bukaka sebagai produsen dan eksportir garbarata, lorong penghubung ke pesawat di terminal bandara, konversi energi, pembangunan bandara, panser Pindad, PLTA mandiri, dan Asian Games.

Untuk konversi energi misalnya, JK sempat menceritakan tahapan peralihan penggunaan minyak tanah ke gas. Meski sempat ramai, karena menyangkut pula mindset, budaya, dan keuangan di masyarakat akhirnya program tersebut bisa sukses.

Salah satunya berbasis hasil penelitian dan percobaan yang relatif murah. "Kami melakukan studi literatur dan percobaan dengan nilai yang paling murah, Rp 60 juta untuk program puluhan triliun," katanya.

Lain lagi saat proses pembuatan Panser Anoa oleh Pindad yang cukup laris dibeli. Ide dasarnya pada saat JK melihat truk yang dipakai TNI saat operasi yang hanya dilapisi batang pohon kelapa atau plat baja guna meredam serangan lawan.

"Dari hasil analisa ternyata kita punya ahli di bidang-bidang seperti ahli mesin, elektronik, persenjataan, dan chasis. Hasilnya, sekarang lebih 400 panser yang terjual, harganya pun 50 persen dari harga impor alutsista sejenis, dan memenuhi spesifikasi UN," katanya.


(Setiady Dwi/CN26/SM Network)