• KANAL BERITA

Ini Tips Menanam Durian Monti hingga Berbuah

MELIHAT BUAH: Markom (70) di antara buah Durian Montong Gunungpati (Monti) miliknya yang  menunggu masak pohon.  (suaramerdeka.com / Diaz Abidin)
MELIHAT BUAH: Markom (70) di antara buah Durian Montong Gunungpati (Monti) miliknya yang menunggu masak pohon. (suaramerdeka.com / Diaz Abidin)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Durian Montong Gunungpati (Monti) dikenal sebagai salah satu varietas unggulan dari Kota Semarang. Untuk menanamnya cenderung mudah, bila mengetahui tipsnya.

Markom (70), salah satu petani durian monti di Kelurahan Gunungpati, Kecamatan Gunungpati menjelaskan, tidak butuh waktu lama untuk durian monti mulai berbuah. Pada usia tiga tahun, pohon sudah bisa berbuah. Adapun pohon-pohon miliknya rata-rata kini sudah berusia enam tahun. “Tiga tahun bisa berbuah. Tapi tidak semua pentill buah dibiarkan besar. Harus ada yang dipotong,” katanya.

Pada musim pertama berbuah, ukuran pohon belumlah besar. Sementara cabang-cabang pohon tidak akan kuat menopang durian yang beratnya bisa tiga kilogram saat besar. “Musim pertama buah itu disisakan sekitar lima buah saja. Tidak bisa banyak banyak. Kalau banyak bisa mati pohonya. Pohon masih muda, tidak kuat membesarkan semua buah,” kata dia.

Lalu pada musim buah kedua/tahun berikutnya buah bisa diperbanyak. Jumahnya bisa dua kali lipat. Berkisar sepuluh biji, dengan melihat calon buah itu menggantung di dahan besar atau kecil. Hati-hati kalau dahan patah menahan berat buah. “Satu dahan maksimal dua saja. Biar bisa besar juga,” katanya.

Lantas pada musim berbuah ketiganya, atau usia pohon enam tahu diperbanyak lagi. Buat antara 15 buah. Jangan pula banyak-banyak. Saat pertumbuhan, pohon pasti menghadapi musim kemarau. Meski di kebun, penyiraman harus dilakukan minimal tiga hari sekali. Basahi tanah agar lembab. Pada masa-masa ini pohon sangat rawan. Jika diabaikan penyiramannya, maka bisa kering. Apalagi terkadang, memasuki musim berbuah. Sehingga membutuhkan lebih banyak air dan nutrisi dari tanah.


(Diaz Abidin/CN26/SM Network)