• KANAL BERITA

Perayaan Tahun Baru Tanpa Kembang Api

Pemkot Suguhi Masyarakat dengan Even dan Hiburan

Foto Istimewa
Foto Istimewa

SEMARANG, suaramerdeka.com - Pemkot Semarang berencana untuk mengadakan perayaan menjelang tahun baru 2020, tanpa kembang api. Pusat titik kegiatan akan berada di Jalan Pemuda atau tepatnya di depan Bank Mandiri. Area di sekitar jalan tersebut akan mulai ditutup pada 30 Desember malam. Untuk proses loading atau bongkar muat barang-barang bagi pendirian panggung, penataan sound system dan aksesoris lainnya, sudah dimulai sejak 27 Desember.

 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang, Indriyasari, mengatakan, sejumlah artis akan dihadirkan untuk menghibur masyarakat Kota Semarang. Mulai dari grup rap-dangdut asal Yogyakarta Pendhoza, Ndarboy Genk, Denny Caknan, Hendra Kumbara ''Dalan Liyane'', hingga band ibukota Naif. Sementara kegiatan check sound akan dimulai sejak pukul 10.00 pada 31 Desember. Artis akan pertama kali tampil pada pukul 18.30 malam.

''Dimulai dari band-band lokal yang tampil seperti Rumah Pancasila, dan Senopati Band yang personelnya berasal dari pegawai Pemkot Semarang. Setelah itu akan ditampilkan Kaleidoskop 2019, diikuti dengan penghitungan mundur jelang 2020. Untuk tahun ini, acara-acara yang digelar Pemkot tidak akan menggunakan pesta kembang api. Namun, kami menyuguhkan beraneka even dan hiburan kepada masyarakat. Konsepnya memang lebih kepada berkesenian,'' ujar dia, saat ditemui usai rapat persiapan menjelang perayaan tahun baru di lantai 8 Gedung M Ikhsan, Kompleks Balai Kota Semarang, Jumat (27/12).

Untuk hiburan kembang api, akan diganti dengan ''Laser Show'' yang ditampilkan pada sebuah layar lebar. Selain itu, juga akan ada permainan animasi di LED. Pihaknya memastikan kalau even-even dan hiburan yang disuguhkan akan tetap menarik. Walaupun tanpa kembang api.

''Kembang apinya hanya ada di layar saja. Inti perayaan tahun baru itu kan sebenarnya merupakan sebuah instrospeksi. Bagaimana perjalanan Pemkot Semarang selama setahun belakangan,'' kata dia.

Selain hiburan tersebut, rencananya lampu ''Bridge Fountain'' di jembatan Banjir Kanal Barat akan dinyalakan. Proses penyalaaan dilakukan pada saat hitung mundur, menjelang pergantian tahun. Dinas Pekerjaan Umum (DPU), tambah dia, tengah mempersiapkn teknis pelaksanaannya. Tidak hanya itu, Pemkot juga mempersiapkan pertunjukkan Downtron di Gedung Pandanaran.

''Aneka even dan hiburan yang disediakan Pemkot tersebut, merupakan bagian dari usaha untuk memecah titik keramaian masyarakat. Selain dari hiburan-hiburan yang ditampilkan oleh pihak swasta,'' ucap dia.

Sementara itu, Sekda Kota Semarang, Iswar Aminuddin, mengatakan, bahwa perayaan tahun baru merupakan upaya dari Kota Semarang untuk mengevaluasi kinerj Pemkot. Selain itu mengenang kembali atau refleksi dari kegiatan-kegiatan yang terjadi selama 2019.

''Tujuannya agar didapatkan resolusi di 2020. Untuk mempertahankan program-program yang sudah baik dan membenahi yang masih kurang. Dalam rangka mewujudkan Kota Semarang agar semakin moncer lagi,'' papar dia.

 


(Arif Prayoga/CN19/SM Network)