• KANAL BERITA

Lembah Kalipancur Puaskan Penghobi Burung dan Tanaman

Persiapan penilaian sesi lomba burung di Lembah Kalipancur Semarang. (suaramerdeka.com/dok)
Persiapan penilaian sesi lomba burung di Lembah Kalipancur Semarang. (suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Dua acara berbeda tetapi sama-sama berorientasi ke alam, digelar serentak di Desa Wisata Lembah Kalipancur, Ngaliyan, Semarang Barat, Minggu (15/12). Kedua acara untuk penghobi burung dan tanaman itu adalah Lomba Burung Berkicau yang diikuti oleh peserta dari berbagai kota di Jateng-Yogjakarta, dan Agrowisata Festival berupa pameran dan bursa tanaman bibit unggul tanaman hias.

Lomba Burung memperebutkan uang pembinaan dan tropi piala Kalipancur itu mempertandingkan 24 kelas, dengan jenis burung Cucak Hijau, Murai Batu, Kecer, Cendet, Lobebird, Kenari, Kolibri, Anis Merah, LB Paud A, dan LB Pemula. Menurut Pay, ketua pelaksana lomba, agar pelaksanaan lomba lancar, pihaknya menyediakan beberapa juri dari Kuby Indonesia yang bekerja secara transparan. "Sehingga tidka ada protes dan semua peserta puas," kata Pay, ditemui di arena lomba.

"Sistem lomba ini mencari akumulasi juara masing-masing kelas, untuk kemudian mendapatkan gelar juara umum," lanjut Pay.

Untuk itu, pihak panitia selalu mengedepankan transparansi dalam penilaian oleh juri dari Kuby Indonesia yang kredibel.

Sementara lomba burung berlangsung, pameran tanaman juga menarik perhatian dari para penghobi tanaman. Sedangkan lebih dari 200 orang lomba burung sampai menjelang sore ini masih berlaga hingga malam hari saat juara-juara diumumkan. Kedua acara itu menurut Novi Prasetyawan, manajer operasional Lembah Kalipancur dalam rangka Anniversary Desa Wisata Lembah Kalipancur.

 


(Bambang Isti/CN40/SM Network)